Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut PT KAI Prediksi 29 Mei Puncak Arus Mudik Lebaran 2019

Kompas.com - 24/02/2019, 18:08 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada 29 Mei 2019 atau H-7 Lebaran. Prediksi ini diketaui setelah melihat jadwal hari libur nasional dan cuti bersama yang telah dikeluarkan pemerintah.

“Untuk puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada 9 Juni 2019 atau H+3,” ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro di Jakarta, Minggu (24/2/2019).

Edi mengatakan, pihaknya akan mendirikan posko mudik Lebaran di tiap stasiun. Diharapkan dengan adanya posko tersebut dapat membantu para penumpang yang akan mudik Lebaran.

“Posko akan dibuka mulai H-10 hingga H+10 lebaran. Kekuatan pengamanan kita sebanyak 11.000 personel, sudah termasuk dari TNI dan Polri,” kata Edi.

Baca juga: Malam Ini Tiket Lebaran Mulai Dijual, PT KAI Tambah Kapasitas Server

Selain di stasiun, kata Edi, pihaknya juga akan menyiagakan petugas di wilayah-wilayah rawan bencana alam.

Sebelumnya, tiket kereta api untuk angkutan lebaran tahun ini sudah bisa dipesan mulai 25 Februari 2019 pukul 00.00 WIB. Pemesanan tiket tersebut bisa dilakukan di semua channel penjualan tiket PT KAI.

Selama angkutan Lebaran 2019, PT KAI akan mengoperasikan 356 kereta api reguler. Selain itu, nantinya juga akan ada 50 kereta api tambahan yang disiapkan. Jumlah tersebut naik 3 persen ketinbang tahun lalu, yakni sebanyak 393 kereta api.

Untuk setiap harinya, KAI hanya menjual tiket untuk musim Lebaran sebanyak 247.010.

Baca juga: Simak, Ini Cara Terbaik Berburu Tiket Mudik Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com