Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pasca Akuisisi, Inalum Beberkan Keuntungan dari PT Freeport Indonesia

Kompas.com - 24/02/2019, 20:00 WIB
Alek Kurniawan,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Desember 2018 lalu, PT Inalum (Persero) resmi membeli sebagian saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Dengan begitu, kepemilikan saham Indonesia atas PTFI meningkat dari 9 persen menjadi 51 persen.

Kemudian, pada awal 2019 ini akusisi saham PTFI kembali ramai menjadi perbincangan publik. Terutama mengenai keuntungan finansial pasca akuisisi sampai berapa sisa kandungan emas yang terdapat di tambang Grasberg.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lengkap fakta mengenai akuisisi tersebut, berikut Kompas.com berikan ulasannya.

Baca jugaMemprediksi Keuntungan Inalum Usai Mencaplok Freeport

1. Keuntungan finansial

Pada akuisisi tahun lalu, Inalum mengeluarkan total 3,85 miliar dolar AS atau setara Rp 54 triliun. Mengutip dokumen Inalum, laba bersih PTFI tiap tahunnya diprediksi akan mencapai di atas 2 miliar dolar AS per tahun dari 2023 hingga 2041.

"Jika Inalum memiliki 51 persen, maka perusahaan akan diproyeksikan mendulang 18 miliar dolar AS (Rp 261 triliun) sebagai laba bersih PTFI dalam kurun waktu tersebut," tulis Inalum lewat rilis tertulis yang Kompas.com terima, Minggu (24/2/2019).

2. Keuntungan manajemen

Inalum dalam rilis yang sama menyebutkan bahwa setelah PTFI beroperasi selama 51 tahun, justru sekarang pihak Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan dalam penentuan dividen, anggaran dasar, direksi, serta komisaris.

3. Posisi PTFI di bawah pemerintah

Rampungnya akusisi PTFI juga berdampak pada berubahnya operasional PTFI dari Kontrak Karya (KK) menjadi berdasarkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

"Sewaktu beroperasi melalui KK, kedudukan PTFI setara dengan Pemerintah Indonesia dan bahkan KK berlaku layaknya sebuah undang-undang. Dengan beralihnya KK menjadi IUPK, maka status PTFI saat ini berada di bawah pemerintah," jelas pihak Inalum.

Baca juga: Inalum Kucurkan Dana Beli Freeport Tanpa Agunan

4. Cadangan emas terbesar di dunia

Tambang emas Grasberg yang berada di Kabupaten Mimika, Papua, menjadi tambang emas terbesar di dunia.

Tambang yang dikelola oleh PTFI ini memiliki berbagai kekayaan, seperti emas, tembaga, dan perak. Inalum memperkirakan, total nilai yang terkandung dalam tambang ini sekitar 150 miliar dolar AS atau Rp 2,190 triliun.

"Emas dan tembaga di tambang bawah tanah Grasberg diperkirakan tidak akan habis hingga 2060," klaim Inalum kepada Kompas.com.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com