Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

Kompas.com - 25/02/2019, 08:58 WIB
Ilustrasi kereta api. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi kereta api.

JAKARTA,KOMPAS.com — Kereta api merupkan salah satu alat transportasi umum favorit masyarakat Indonesia untuk berpergian, tak terkecuali untuk mudik ke kampung halaman saat Lebaran.

Moda transportasi ini dipilih lantaran dianggap bisa mengantarkan orang ke kampung halaman dengan cepat tanpa terkena macet. Atas dasar itu, tiket kereta api selalu diburu masyarakat setiap tahun.

Untuk Lebaran tahun ini saja, PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku operator sudah menjual tiket mulai H-90. Terhitung, sejak Senin, 25 Februari 2019 pukul 00.00, masyarakat sudah bisa memesan tiket kereta api untuk mudik Lebaran.

“Mulai 25 Februari pukul 00.00, tiket sudah bisa dipesan. Kami ingin sampaikan tiket bisa didapatkan di semua channel yang biasa kami jual. Akan lebih baik calon penumpang memesannya di KAI Access,” ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Jakarta, Minggu (24/2/2019).

Baca juga: Simak, Ini Cara Terbaik Berburu Tiket Mudik Lebaran

Calon penumpang bisa melakukan pemesanan tiket di loket stasiun, vending machine, minimarket, Contact Center KAI, atau secara online melalui website dan aplikasi KAI Access.

Cara pesan tiket online pun cukup mudah. Calon penumpang tinggal memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang yang akan menggunakan layanan kereta.

Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM sejumlah bank yang terdaftar atau melalui minimarket. Setelah membayar, calon penumpang akan menerima bukti transaksi berisi kode booking, data diri, dan data perjalanan untuk ditukarkan menjadi tiket.

“KAI juga mewanti-wanti masyarakat agar membeli tiket Lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar," kata Edi.

Untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang saat melakukan pemesanan tiket, KAI telah menambah kapasitas bandwidth server. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi server down karena diakses calon penumpang secara bersamaan.

“Kami antisipasi (server down) dengan membesarkan sistem bandwidth dua kali lipat jadi 400 megabytes. Mudah-mudahan enggak ada gangguan. Kemampuan server kami tingkatkan juga,” ucapnya.

Kendati telah menjual tiket dari jauh-jauh hari, KAI membatasi penjualan. Per hari hanya ada 247.010 tiket yang dijual untuk musim Lebaran tahun ini. Masyarakat pun perlu berlomba-lomba agar tak kehabisan tiket.

Sebab, pada Lebaran tahun ini KAI hanya akan mengoperasikan 356 kereta api reguler. Namun, jika animo masyarakat tinggi, KAI akan menambah 50 kereta lagi.

Tambahan 50 kereta selama Lebaran 2019 terdiri dari 27 eksekutif dan bisnis, 11 ekonomi non-PSO, 4 ekonomi PSO, dan 8 kereta yang memanfaatkan rangkaian idle. Namun, tiket kereta tambahan itu baru dapat dipesan mulai H-60 Lebaran.

Baca juga: [HOAKS] Tiket Promo Kereta Api Rp 21.000 ke Berbagai Kota

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X