Keterampilan Apa Sajakah yang Diperlukan untuk Pekerjaan di Masa Depan?

Kompas.com - 25/02/2019, 11:40 WIB
IlustrasiGetty Images/iStockphoto/Vasyl Dolmatov Ilustrasi

KOMPAS.com - Di masa depan, dunia kerja akan memunculkan banyak jenis pekerjaan baru yang mungkin tidak dapat kita bayangkan hari ini. Banyak pihak pun mulai menyoroti jenis keterampilan apa saja yang akan dibutuhkan di masa depan.

Seperti dikutip dari Forbes, Senin (25/2/2019), peneliti dari University of Memphis sempat mengungkapkan pemecahan masalah secara kolaboratif akan menjadi keterampilan paling penting dalam beberapa dekade mendatang.

"Penyelesaian masalah secara kolaboratif menjadi keterampilan penting di dunia kerja dan komunitas karena banyak masalah yang harus di hadapi di dunia modern yang membutuhkan kerja sama tim," sebut hasil penelitian tersebut.

Penekanan pada soft skill ini juga muncul dalam analisis baru yang dilakukan oleh salah satu penyedia jasa pembelajaran online Udemy.

Baca juga: Tips Jitu Bagi Working Mom agar Pekerjaan dan Keluarga Seimbang

Berdasarkan hasil analisis mereka, banyak kursus yang diminta oleh karyawan belakangan adalah kursus-kursus yang berkaitan dengan bagaimana mengukur serta menuji coba pemahaman atas keterampilan yang mereka miliki serta kekurangan-kekurangannya.

Meski, tidak bisa dipungkiri keterampilan teknis masih sangat. Namun, soft skill menjadi penting lantaran teknologi telah banyak mengambil alih berbagai pekerjaan dengan keterampilan teknis.

Banyak studi berpendapat investasi dalam keterampilan yang lebih humanis seperti kepemimpinan, kreativitas, kecerdasan emosional, dan pemikiran kritis menjadi penting karena bisa membantu mengurangi pekerjaan yang hilang karena otomatisasi.

Jika pelatihan dalam keterampilan jenis ini bisa dilipat gandakan, maka jumlah pekerjaan yang berisiko tergerus otomatisasi akan turun dari 10 persen menjadi 4 persen.

Berikut ini 10 keterampilan yang dianggap penting di masa depan
1. Manajemen konflik
2. Manajemen waktu
3. Manjemen stres
4. Keterampilan berkomunikasi
5. Membangun kultur perusahaan yang baik
6. Layanan pelanggan
7. Kecerdasan emosional
8. Produktivitas
9. Kemampuan bercerita
10. Mampu mengelola perubahan

Baca juga: Amazon Tak Jadi Berkantor di New York, Potensi 25.000 Pekerjaan Hilang




Close Ads X