Trump Tunda Rencana Kenaikan Tarif Produk China

Kompas.com - 25/02/2019, 12:51 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan penghormatan ketika kembali ke Gedung Putih selepas menjalani tes fisik tahunan di Rumah Sakit Militer Walter Reed pada Jumat (8/2/2019). AFP/JIM WATSONPresiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan penghormatan ketika kembali ke Gedung Putih selepas menjalani tes fisik tahunan di Rumah Sakit Militer Walter Reed pada Jumat (8/2/2019).

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah AS menunda rencana kenaikan tarif produk impor asal China. Produk-produk tersebut senilai lebih dari 200 miliar dollar AS.

Presiden AS Donald Trump menyatakan penundaan tersebut dilakukan setelah tercapainya progres berarti terkait perundingan perdagangan dengan China. Perundingan dilakukan pada Minggu (24/2/2019) waktu setempat.

"Saya dengan bahagia melaporkan bahwa AS telah mencapai progres substansial dalam perundingan perdagangan dengan China," kata Trump dalam akun Twitter pribadinya seperti dikutip dari AFP, Senin (25/2/2019).

Baca juga: Bos-bos Perusahaan Otomotif Protes Trump

Trump menyebut, sejumlah topik yang dibicarakan dalam perundingan antara lain isu-isu struktural penting seperti perlundungan properti intelektual, transfer teknologi, pertanian, jasa, nilai tukar mata uang, dan isu lainnya

"Sebagai hasil dari pembicaraan yang sangat produktif ini, saya akan menunda peningkatan tarif oleh AS dijadwalkan pada 1 Maret," imbuh Trump.

Ia mengungkapkan, dengan asumsi bahwa baik pemerintah AS maupun China akan membuat progres dalam perundingan lanjutan, maka akan dilakukan pertemuan antara dirinya dengan Presiden China Xi Jinping. Pertemuan itu akan dihelat di resor golf milik Trump di Mar-a-Lago guna menutup rangkaian perundingan.

"Akhir pekan yang sangat bagus untuk AS dan China!" seru Trump.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber AFP
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X