Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Tunda Rencana Kenaikan Tarif Produk China

Kompas.com - 25/02/2019, 12:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah AS menunda rencana kenaikan tarif produk impor asal China. Produk-produk tersebut senilai lebih dari 200 miliar dollar AS.

Presiden AS Donald Trump menyatakan penundaan tersebut dilakukan setelah tercapainya progres berarti terkait perundingan perdagangan dengan China. Perundingan dilakukan pada Minggu (24/2/2019) waktu setempat.

"Saya dengan bahagia melaporkan bahwa AS telah mencapai progres substansial dalam perundingan perdagangan dengan China," kata Trump dalam akun Twitter pribadinya seperti dikutip dari AFP, Senin (25/2/2019).

Baca juga: Bos-bos Perusahaan Otomotif Protes Trump

Trump menyebut, sejumlah topik yang dibicarakan dalam perundingan antara lain isu-isu struktural penting seperti perlundungan properti intelektual, transfer teknologi, pertanian, jasa, nilai tukar mata uang, dan isu lainnya

"Sebagai hasil dari pembicaraan yang sangat produktif ini, saya akan menunda peningkatan tarif oleh AS dijadwalkan pada 1 Maret," imbuh Trump.

Ia mengungkapkan, dengan asumsi bahwa baik pemerintah AS maupun China akan membuat progres dalam perundingan lanjutan, maka akan dilakukan pertemuan antara dirinya dengan Presiden China Xi Jinping. Pertemuan itu akan dihelat di resor golf milik Trump di Mar-a-Lago guna menutup rangkaian perundingan.

"Akhir pekan yang sangat bagus untuk AS dan China!" seru Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com