Ini Bisnis Kecil-kecilan dengan Potensi Laba Besar

Kompas.com - 25/02/2019, 13:12 WIB
penulisThinkstock.com penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha kecil menguntungkan dengan laba besar adalah keinginan semua pebisnis. Beberapa contoh dari bisnis kecil dan profesi yang berpotensi mendapatkan laba besar dapat Anda simak di sini. 

Bila Anda berpikir untuk memulai sebuah bisnis harus dengan memiliki modal besar, kini cobalah untuk mengubah mindset tersebut. Modal yang besar belum menjamin sebuah bisnis akan berjalan dan menguntungkan.

Sebaliknya, bisnis dengan modal kecil namun sesuai dengan passion dan dijalani dengan kesungguhan hati, bukan tak mungkin akan menjadi besar.

Berikut ini contoh usaha kecil dan profesi menguntungkan dengan laba besar yang dapat Anda pilih untuk menambah penghasilan Anda, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id.

Bisnis Katering

Tak semua orang dapat mengolah bahan makanan menjadi menu masakan lezat. Selain karena faktor jam terbang, faktor passion turut berpengaruh dalam hal masak-memasak makanan lezat.

Nah, seandainya Anda menyukai masak-memasak, tak ada salahnya untuk mencoba bisnis makanan. Mulailah dengan membuka usaha kecil menguntungkan dengan laba besar di bisnis makanan. Yakni, dengan bisnis makanan katering.

Mengapa katering? Alasannya adalah untuk meminimalisir risiko kerugian, karena tidak ada pembeli. Dengan model bisnis katering, Anda hanya melayani pembeli yang sudah memesan sebelumnya. Anda juga bisa menerapkan sistem pembayaran di awal, sehingga modal yang harus disediakan menjadi lebih kecil lagi.

Selain itu, bisnis katering juga tidak memerlukan tempat usaha yang besar dan biaya renovasi tempat tersebut seperti ketika membuka bisnis restoran atau warung. Bisnis katering cukup dimulai dengan dapur dan ruangan untuk mengemas makanan, promosi dari mulut ke mulut, dan kurir untuk mengantarkan pesanan. Modalnya bahkan bisa dimulai hanya Rp 1 juta, untuk ditawarkan ke beberapa kenalan dan kolega Anda.

Anda dapat menawarkan menu sehat, menu diet, menu masakan Nusantara, menu kantoran, menu rumahan, dan berbagai ragam menu kreatif lainnya. Agar pelanggan tak bosan, buatlah menu yang bervariasi setiap harinya.

Bisnis Makanan Ringan

Selain butuh makanan berat, banyak orang suka mengemil. Bisnis menjual makanan ringan dapat menjadi usaha kecil menguntungkan dengan laba besar. Mengapa demikian, karena perputaran uang di bisnis ini relatif cepat, dan pasarnya dapat diperluas dengan cara jualan online.

Anda bisa memulai dengan modal Rp 1 juta dengan produksi sendiri atau menjadi reseller.

Bila memasarkan cemilan secara online, gunakan fitur halaman di Facebook atau Instagram untuk berpromosi. Gunakan sosmed untuk berpromosi kepada teman-teman yang ada di kantor maupun yang sedang bersantai di rumah.

Makanan ringan favorit para penyuka cemilan misalnya kacang telur, kacang goreng, kerupuk ikan, keripik pisang, keripik talas, keripik singkong, makaroni, dan lain-lain. Pastikan Anda menjadi mitra bagi para pelanggan yang ingin toples-toples makanan ringan mereka selalu terisi penuh dengan variasi cemilan yang renyah dan mantul.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X