Rizal Ramli Bandingkan Kinerja Jokowi dan Megawati soal Pengurangan Kemiskinan

Kompas.com - 25/02/2019, 15:25 WIB
Ilustrasi miskin dan kaya erllreIlustrasi miskin dan kaya

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom senior Rizal Ramli mengatakan, kinerja Presiden Joko Widodo ( Jokowi) paling rendah jika dibandingkan dengan beberapa presiden Indonesia sebelumnya. Ini khususnya dalam pengurangan angka kemiskinan, termasuk di era Presiden Megawati Soekarnoputri.

"Presiden Widodo, prestasinya dalam penurunan kemiskinan paling rendah dari semua presiden sejak reformasi," kata Rizal dalam jumpa pers di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (25/2/2019).

Rizal menyebutkan, Presiden Jokowi hanya mampu mengurangi angka kemiskinan sekitar 450.000 orang per tahun. Angka ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan pengentasan kemiskinan oleh presiden-presiden terdahulu.

Baca juga: Sentuh 1 Digit, Tantangan Menurunkan Angka Kemiskinan Makin Berat

"Bandingkan dengan era Presiden Gus Dur, yang berhasil menurunkan kemiskinan 5,05 juta per tahun. Presiden Habibie, 1,5 juta orang per tahun, Megawati 570.000 orang per tahun, dan presiden SBY 840.000 per tahun," sebutnya.

Melihat capaian ini, Rizal mengaku heran dengan sikap Jokowi yang terkesan berlebihan dalam nengklaim kinerjanya atau overclaim. Sebab, hal ini sering disampaikan dan diucapkan mantan Guberbur DKI Jakarta itu.

Ia menilai, rendahnya capain penurunan angka kemiskinan era Jokowi karena telah meninggalkan konsep “Trisakti”. Guna membangkitkan kembali Indonesia menjadi bangsa yang besar secara politik maupun ekonomi.

Baca juga: Mensos Optimistis Angka Kemiskinan Bisa Turun ke 9 Persen Tahun Ini

"Empat tahun telah lewat, ternyata tebaran optimisme itu, makin lama makin memudar. Bahkan dalam banyak hal, harapan akan kehidupan lebih baik makin memudar," jelasnya.

Meskipun demkian, Rizal juga mengapresiasi kinerja Jokowi dalam pembangunan infrastruktur untuk fasilitas publik. Sebab, pembangunan itu telah mampu mengurangi ketimpangan antardaerah serta memberikan manfaat kepada publik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X