Synnex Metrodata Indonesia Bangun Logistic Center

Kompas.com - 25/02/2019, 18:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) meresmikan keberadaan logistic center di MM2100 Industrial Estate, Cibitung.

SMI merupakan salah satu entitas anak Metrodata Group yang fokus di bidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).

Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia, Agus Honggo Widodo, mengatakan, pembangunan ini untuk mengantisipasi pertumbuhan bisnis lima tahun ke depan. Sedangkan kelebihan lahan akan dimanfaatkan oleh perusahaan untuk proyeksi ke depan sesuai dengan perkembangan bisnis.

"Pembangunan logistics center merupakan salah satu strategi perusahaan dalam membangun kompetensi sebagai perusahaan distribusi atas sarana logistik," kata Agus dalam keterangan resminya dikutip Kompas.com, Senin (25/2/2019).

Agus menjelaskan, pembangunan logistics center memakan biaya sekitar Rp 120 miliar, di luar dari biaya pembelian tanah sebesar Rp 61 miliar. Logistic merupakan salah satu core business SMI sebagai distributor, dengan mempertimbangkan volume perdagangan SMI yang terus meningkat.

Dikatakannya juga, secara jangka panjang ini akan menguntungkan dari sisi efisiensi biaya maupun nilai propertinya yang terus meningkat. Di luar dari biaya investasi logistic centre, SMI dapat menghemat biaya logistik di area Jabodetabek kurang lebih 35 persen dibandingkan dengan menyewa kepada pihak lain.

“Dalam bisnis distribusi yang menjadi kompetensi utama adalah sarana Logistik dan Sistem yang mengatur seluruh proses. Hal tersebut merupakan bagian dari visi yang dapat kami realisasikan, sehingga dapat menunjukkan kepada stakeholder bahwa kami sudah memiliki core business untuk mendukung mitra bisnis. Pengiriman barang menjadi lebih efisien,” tambahnya.

Dia menambahkan, dalam mengelola logistik, SMI diperkuat solusi Warehouse Management System (WMS) yang dapat diandalkan, canggih, dan mengadopsi sistem komputerisasi terkini. Proses pelayanannya melalui dengan solusi TMS guna mendukung proses pengiriman.

Mitra bisnis dapat memantau langsung progres order yang mereka lakukan melalui Point of Delivery App yang diperkuat oleh SAP Cloud Platform (SCP), dengan menggunakan fitur-fitur Tracking Position, Fleet information, dan Delivery status.

"Layanan 24/7 order tracking solution juga dapat diakses, proses pembelian dan pemesanan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Dengan menggunakan WMS dan TMS membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dari sisi akurasi dan kecepatan. Akurasi atas jumlah barang yang banyak dan bervariasi dapat mengurangi human error," sambungnya.

"Sedangkan kecepatan merupakan transformasi dari penggunaan kertas ke sistem," tambah Agus.

SMI merupakan salah satu perusahaan distribusi yang memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun di bidang TIK, berinovasi, memiliki dan menerapkan sistem yang mutakhir. SMI memiliki jaringan terbesar di 12 kota besar dan melayani lebih dari 150 kota di seluruh Indonesia; portofolio lebih dari 70 vendor teknologi berkelas dunia; serta jaringan distribusi di lebih dari 4.000 jaringan distribusi di Indonesia.

SMI memiliki dua belas sentra distribusi antara lain di Medan, Palembang, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Manado, dan Banjarmasin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.