Bekraf Targetkan 60 Juta Penonton Bioskop di 2019

Kompas.com - 25/02/2019, 20:10 WIB
Ilustrasi bioskop. ThinkstockIlustrasi bioskop.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif Indonesia ( Bekraf) menargetkan jumlah penonton bioskop sebanyak 60 juta orang pada 2019 ini. Angka ini naik dibandingkan realisasi tahun lalu.

"Kita menargetkan jumlah tiket (bioskop) yang terjual bisa mencapai 60 juta. Kalau (tahun) kemarin 52 juta," ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Triawan mengakui pihaknya perlu bekerja keras untuk merealisasikan target tersebut. Sebab, saat ini akses masyarakat di wilayah-wilayah terpencil masih terbatas untuk menyaksikan film nasional di bioskop.

Baca juga: Bekraf Kolaborasi dengan Viu untuk Kembangkan Ekosistem Perfilman

Hingga saat ini, lanjut dia, jumlah layar bioskop di seluruh Indonesia baru mencapai 1.800.

"Layar (bioakop) yang ada (saat ini) masih di kota-kota besar, masih di mal-mal. Kita harap ke depan lebih banyak para penonton film yang ada di kota-kota kecil yang selama ini susah mengakses film," kata Triawan.

Triawan menjelaskan, agar seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati film nasional pihaknya menggandeng penyedia layanan video over the top (OTT) seperti Viu.

Baca juga: Peringati Hari Film nasional, Ini 4 Keunggulan Nonton Film di Bioskop

Sebab, dengan Viu masyarakat bisa menyaksikan film-film Indonesia melalui telpon genggamnya.

"Sekarang dengan adanya Viu dan lain-lain, akses (menonton film) lebih gampang dan murah, tidak melalui paltform ilegal," ucap dia.

Sementara itu, Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo mengatakan, jumlah layar bioskop menurun drastis dibanding tahun 1990-an.

"Tahun 1990-an jumlah layar kita 3.000. Hari ini 1.800. Jadi justru banyak turun," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X