Sebanyak 4 SPBU BBM Satu Harga Hadir di Mentawai

Kompas.com - 25/02/2019, 20:25 WIB
Ilustrasi SPBU. KOMPAS.com/Nursita SariIlustrasi SPBU.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar meresmikan empat SPBU Kompak BBM (Bahan Bakar Minyak) Satu Harga di Kepulauan Mentawai.

Keempat SPBU itu yakni SPBU Siberut Utara, Sipora Selatan, Sangir Batanghari, dan Sangir Balai Janggo.

Kehadiran BBM Satu Harga di wilayah Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat ini diharapkan akan membantu meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat setempat.

"Setelah BBM satu harga, kemudian akan kembali diaktifkan oleh Pertamina Depo BBM di Kepulauan Mentawai ini, agar dapat memenuhi permintaan kuota konsumsi bahan bakar masyarakat yang terus meningkat. Ini perlu ditindak lanjuti untuk mengantisipasi jika ada gangguan cuaca buruk, maka stok BBM untuk kepulauan Mentawai tetap aman terjaga," ujar Archandra dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/2/2019).

Baca juga: Pertamina Akan Tambah 3 Penyalur BBM Satu Harga di Sulteng

Sementara itu, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengatakan, dengan adanya empat SPBU ini masyarakat dapat menikmati harga BBM yang sama dengan masyarakat di wilayah lainnya.

"Sebelumnya BBM di Kabupaten Mentawai bisa mencapai Rp 20.000, terutama di wilayah Pantai Barat. Masyarakat kini bisa memperoleh harga BBM tidak seperti dulu," ucap dia.

Menurut dia, sekarang masyarakat dapat membeli BBM dengan harga yang sama dengan wilayah lainnya, yaitu Rp 6.450 per liter untuk jenis premium dan Rp 5.150 per liter untuk solar. Di wilayah Sipora, sebelumnya warga harus membeli BBM jenis solar dengan harga sekitar Rp 8.000 dan premium dengan harga sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

Baca juga: BPH Migas Targetkan 29 Titik Penyalur BBM Satu Harga Dibangun di 2019

Saat ini penyaluran kepada empat SPBU Kompak tersebut adalah 16.000 Liter per bulan untuk produk Bio Solar dan Premium, diluar Produk Non Subsidi. Pertamina juga memberikan opsi kepada masyarakat Kepulauan Mentawai yang memilih BBM berkualitas dengan menyediakan Pertalite.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X