Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Patungan Indonesia-China Ini Lakukan Ekspor ke AS dan Jepang

Kompas.com - 26/02/2019, 11:13 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

BEIJING, KOMPAS.com - Perusahaan onderdil atau suku cadang alat berat yang didirikan pengusaha dari Indonesia bersama mitranya di China melakukan ekspor produk-produknya ke Amerika Serikat (AS).

"Selain AS, produk yang dihasilkan mereka juga dipasok ke perusahaan alat berat ternama di Italia dan Jepang," kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun di Beijing, China, Selasa (26/2/2019).

Dongfeng Group Indonesia memiliki saham sekitar 61 persen di Hebei Kuma Hydraulic Machinery Co Ltd, sedangkan sisanya dimiliki mitranya di China, Hebei Jinguang Auto Parts Co Ltd.

Pabrik yang berlokasi di Kabupaten Linxi, Provinsi Hebei, itu memiliki 14 paten yang memproduksi suku cadang alat berat, suku cadang mesin, pompa hidrolik, mesin hidrolik, dan katup hidrolik.

Baca juga: BI Resmikan Kantor Perwakilan di China

Perusahaan yang menempati lahan seluas 100 hektar itu mempekerjakan 600 orang dengan kapasitas produksi 90.000 unit hidrolik per tahun dan 30.000 ribu ton besi cor per tahun.

"Ini salah satu bentuk keberhasilan perusahaan Indonesia yang berhasil dalam menginvestasikan dananya di China," kata Dubes.

Pihaknya juga akan terus mendorong para pengusaha China untuk menginvestasikan dananya ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com