Kemenhub Sediakan 1.200 Bus untuk Mudik Gratis Lebaran 2019

Kompas.com - 26/02/2019, 18:14 WIB
Ilustrasi mudik gratis. KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DIlustrasi mudik gratis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan akan menambah kapasitas bus untuk mudik gratis pada Lebaran 2019 kali ini.

“Untuk bus yang kita siapkan untuk mudik gratis cukup banyak. Tahun lalu ada 1.136 (bus), sekaran ada 1.200-an lebih saya siapkan,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Budi menambahkan, kapasitas bus mudik gratis ditambah untuk mengurangi kendaraan pribadi saat musim mudik lebaran. Diharapkan, hal ini bisa mengurangi kemacetan lalu lintas.

“Untuk mengajak masyarakat supaya memulai menghindari, mencegah, tidak menggunakan sepeda motor atau angkutan pribadinya, kemudian beralih ke angkutan publik yang kita siapkan dari pemrintah,” kata Budi.

Selain menyiapkan bus gratis, Budi mengatakan saat ini pihaknya tengah mengkaji soal pembatasan kendaraan truk saat musim mudik Lebaran 2019.

“Jadi mungkin rapat kali ini saya akan coba putuskan kira-kira untuk pembatasan kendaraan barang apakah akan sama dengan tahun lalu atau tidak,” ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X