Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2019 Potensial Untuk Memperbaiki Perencanaan Investasi

Kompas.com - 26/02/2019, 18:52 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Disrupsi politik, volatilitas pasar, inflasi, dan pertumbuhan global menjadi perhatian pelaku pasar belakangan ini. Chief Excutive Officer Eastpring Indonesia menyampaikan, tahun 2019 merupakan tahun yang penuh kejutan baik dari dalam maupun luar negeri.

Dia menilai, banyaknya kejutan di tahun ini merunurutnya bisa menjadi peluang yang signifikan untuk investor mulai berinvestasi. Dengan strategi investasi yang tepat, investor dapat mengubah peristiwa pasar yang signifikan menjadi sebuah peluang.

“Secara global, perang dagang AS-China, implementasi Brexit dan stimulus dari China menjadi sorotan utama pasar global. Dari faktor dalam negeri sendiri, tahun ini akan didominasi oleh kontes politik yang dapat meningkatkan volatilitas pasar. Hal ini seharusnya bukanlah menjadi sebuah hambatan, namun harus disikapi sebagai sebuah potensi besar untuk merencanakan investasi yang lebih baik," ujar Alan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (26/2/2019).

Adapun Chief investment Officer Eastpring Indonesia Ari Pitojo menyampaikan setidaknya terdapat tiga tema utama yang diperkirakan akan mempengaruhi pergerakan pasar di 2019, yaitu suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS), sinkronisasi ekonomi global, dan perang dagang antara AS dan China.

Selain itu, tren jangka panjang seperti perubahan iklim dan kecerdasan buatan (Artificial intelligence) akan terus meningkat peranannya dan akan mengubah tatanan peta investasi.

“Untuk skala lokal, masifnya program infrastruktur dan program program sumber daya manusia yang dilakukan pemerintah Indonesia telah memperlihatkan adanya perubahan pada model pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mengalami pergeseran dari konsumsi ke investasi," ujar dia.

Adapun pihaknya tetap optimis dengan prospek perekonomian dalam ke depan. Sebab menurutnya, Indonesia memiliki bekal ketahanan ekonomi yang baik sehinga memiliki daya tarik tersendiri bagi investor.

“Dengan berbekal ketahanan ekonomi yang baik, kami yakin Indonesia dalam jangka panjang masih menjadi salah satu destinasi investasi yang menarik bagi banyak kalangan investor asing di seluruh dunia,” ujar Ari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com