Pelaku UMKM, Ini Cara Bangun "Brand" yang Kuat

Kompas.com - 26/02/2019, 19:04 WIB
Ilustrasi branding THINKSTOCKS/TUMSASEDGARSIlustrasi branding

JAKARTA, KOMPAS.com - Brand alias merek menjadi salah satu patokan ketika seseorang ingin membeli produk, baik makanan dan minuman, pakaian, atau lainnya.

Brand bisa dibilang jadi penentu kelas sebuah produk di pasaran. Namun, banyak pelaku usaha, tanpa kecuali UMKM tidak mampu membuat serta membangun brand jadi terkenal.

Lalu, apa yang harus diperhatikan saat membangun brand?

Menurut brand activist Arto Soebiantoro, membuat dan membangun brand memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha. Tantangan lainnya adalah terus berinovasi mengembangkan bisnis supaya lebih maju dan besar.

Baca juga: Pelaku UMKM Didorong Punya Brand dan Hak Cipta Produk

Pelaku usaha perlu mengetahui betul beberapa hal ketika hendak membuat brand produknya sehingga tidak sia-sia nantinya.

"Kita selalu berpikir brand itu adalah pesan," Arto dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Arto menjelaskan, semakin kecil sebuah perusahaan maka semakin mudah pula membangun brand. Sebab, jika skala dan target pasar sudah ditentukan akan lebih bagus.

"Tapi sebenarnya, membangun brand justru dalam skala kecil (lebih bagus). Semakin kecil perusahaannya, semakin mudah brand-nya dibangun. Ini paradigmanya," ujarnya.

Baca juga: Meski Produk UMKM, Ternyata Sangat Penting Miliki Brand dan Hak Cipta

Dia mengungkapkan, ada banyak cara merancang sebuah brand secara umum yang dipahmi orang kebanyakan. Namun, Arto memiliki cara khusus yang diberi nama Kraf Cinta.

Ada beberap poin yang harus diperhatikan ketika membuat dan membangun brand. Mulai dari latar belakang hingga nilai emosional.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X