KILAS EKONOMI

AP II Terima Penghargaan Jadi Perusahaan Paling Inovatif

Kompas.com - 27/02/2019, 15:12 WIB
Airport Digital Lounge di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dok Humas AP IIAirport Digital Lounge di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
|

KOMPAS.com- Berkat inovasi i-MATE Lounge di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) dinobatkan sebagai salah satu perusahaan paling inovatif di indonesia.

Penghargaan itu diberikan oleh Majalah Warta Ekonomi. Mereka mendapuk AP II sebagai Innovative Company in Building Airport Digital Lounge.

Imate Lounge kepanjangan dari i-Millennial Airport Travel Experience Lounge. Terobosan ini dipakai AP II untuk mengakomodir kebutuhan perjalanan saat ini di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Ada tiga kriteria yang berhasil terpenuhi, yakni Digital Innovation—produk atau jasa baru yang berbasis digital—, lalu Process—menilai proses bisnis dan dampaknya pada perusahaan—, dan People—menilai kepuasan konsumen.

Latar belakang

Pada dasarnya, keberadaaan iMATE Lounge sendiri berangkat dari kesadaran AP II dalam mengakomodir kebutuhan para penumpang pesawat. Mereka menyadari bahwa 68 persen penumpang pesawat adalah generasi milenial.

Oleh karena itu, beragam inovasi mereka poroskan pada aktivitas digital. Hal ini yang membuat AP II terpikir untuk membuat iMATE Lounge.

DI lounge tersebut, pengunjung khususnya generasi milenial bisa mendapatkan pelayanan berbasis digital, mulai dari virtual assistant melalui chat bot, co-working space, digital wayfinding, hingga melakukan reservasi perjalanan atau akomodasi.

Tak hanya kebutuhan perjalanan, iMATE Lounge bahkan juga menyediakan fasilitas hiburan game online yang disebut dengan AirSport.

Pada area bermain, fasilitas penunjang seperti kursi yang didesain khusus untuk bermain game juga disediakan. Tak hanya itu, di sini tersedia pula WiFi berkecepatan tinggi (Wi-Shock) sebagai penunjang aktivitas bermain.

Selain aktivitas tersebut, lounge juga dilengkapi dengan personel robot pintar bernama Dilo yang dapat menghibur para pengunjung bandara dan penumpang pesawat. Dilo memiliki fitur multimedia mulai dari musik, video, sampai dokumen.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X