Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Kerja, Lakukan 5 Hal Ini

Kompas.com - 27/02/2019, 18:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Selamat untuk Anda yang akhirnya memperoleh pekerjaan, baik untuk pertama kali maupun pindak ke perusahaan baru. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan di hari pertama bekerja.

Dikutip dari Reader's Digest, Rabu (27/2/2019), ada setidaknya 5 hal yang harus Anda lakukan di hari pertama bekerja.

1. Jangan datang terlambat

Meski tampaknya konyol, namun ternyata banyak orang yang datang terlambat di hari pertama kerja. Sebaiknya, datanglah lebih awal, katakanlah 5-10 menit.

Datang lebih awal memungkinkan Anda mempersiapkan diri dengan baik, termasuk ke kamar kecil terlebih dahulu.

"Bila perlu, praktikkan rute tempuh ke kantor saat jam sibuk sebelum hari pertama kerja untuk membiasakan diri dengan rute dan mempersiapkan diri untuk hal yang tak diduga," kata Teri Hockett, pengasuh laman karier untuk wanita What's For Work?

2. Jangan ungkit perusahaan sebelumnya

Bila Anda pindah kerja ke perusahaan lain, maka sebaiknya jangan mengungkit dan membandingkan pekerjaan baru Anda dengan pekerjaan yang Anda tinggalkan sebelumnya. Ini membuat Anda dipandang sebagai orang yang sok tahu atau bahkan menyebalkan.

Selain itu, Anda juga bisa dipandang sebagai orang yang tak bisa bekerja di dalam tim atau tidak bisa melupakan pekerjaan lama Anda. Ketimbang membandingkan, sebutkan saja beberapa kemiripan antara pekerjaan lama Anda dengan pekerjaan baru saat ini.

3. Buat catatan

Meski perusahaan baru menyediakan alat tulis di meja Anda, tak ada salahnya membawa sendiri buku catatan, pena, dan alat tulis lainnya. Tak usah ragu mencatat segala informasi yang akan berguna untuk Anda kelak, seperti misalnya nama dan password.

Sejumlah peneliti pun meyakini bahwa mencatat akan membuat Anda menyerap informasi dengan lebih baik, tanpa terkecuali nama-nama rekan kerja Anda.

4. Perhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh memang penting untuk wawancara kerja. Namun, bahasa tubuh juga merupakan aspek penting dalam menciptakan kesan yang berkesinambungan ketika Anda memulai pekerjaan baru.

Sering senyum dan tatap rekan kerja saat berbicara merupakan bahasa tubuh yang menciptakan kesan kuat. Hindari bahasa tubuh yang negatif seperti menguap, cemberut, atau berdiri sambil memasukkan tangan ke dalam saku celana.

5. Jauhkan diri dari media sosial

Di era saat ini, media sosial tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Meski Anda cemas, tegang, atau bosan di hari pertama kerja, jangan tumpahkan di media sosial.

Sebab, Anda harus ingat bahwa banyak orang yang menemukan masalah dalam pekerjaan karena aktivitas mereka di dunia maya. Sadari pula bahwa perusahaan atau bahkan atasan mengawasi kegiatan Anda di media sosial.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com