Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Sinarmas Luncurkan Rekening Dana Peer to Peer

Kompas.com - 27/02/2019, 21:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Sinarmas Tbk meluncurkan rekening dana peer to peer. Hal ini sejalan dengan pesatnya perkembangan layanan keuangan berbasis teknologi alias fintech.

RDP2P memberikan manfaat kepada perusahaan fintech untuk kemudahan layanan kepada investor dan sinkronisasi dengan Virtual Account (VA) saat ini. 

“Saat ini sudah lebih dari 100 perusahaan yang menggunakan layanan VA Bank Sinarmas, dan sudah 5 (lima) perusahaan Fintech yang menggunakan VA dan RDP2P Bank Sinarmas yaitu Modalku, Danamas, PinjamanGo, TeIefm dan Toko Modal. Dengan telah siapnya pelayanan VA dan RDP2P ini, Digitalisasi Bank Sinarmas semakin terwujud," ujar Frenky Tirtowijoyo, Direktur Utama Bank Sinarmas dalam pernyataannya, Rabu (27/2/2019).

Baca juga: Bank Sinarmas Luncurkan Kartu Kredit Orami untuk Para Ibu Muda

Di industri perbankan, fitur Know Your Customer (KYC) merupakan salah satu proses yang penting untuk mengenal dan memberikan pelayanan kepada nasabah lebih baik dan sesuai. Untuk itu, di era digital saat ini layanan KYC telah dikembangkan agar lebih cepat efisien dan mudah lewat e-KYC. 

Bank Sinarmas dengan dukungan ASLI RI atau PT Asli Rancangan Indonesia, yakni perusahaan penyedia layanan verifikasi data biometrik untuk nasabah akan membantu perusahaan fintech untuk memberikan layanan e-KYC. Sehingga, perusahaan fintech dapat mengenal baik dari sisi nasabah, investor maupun peminjam dengan lebih cepat, efisien, dan akurat. 

Kegiatan transaksi perusahaan fintech juga menggunakan dan didukung layanan Virtual Account Bank Sinarmas untuk memberikan kemudahan baik untuk transaksi penempatan dana oleh investor maupun transaksi penyaluran dana ke peminjam. 

Baca juga: Bank Sinarmas Lirik Potensi Pembiayaan Peternakan Sapi

“Kemampuan Biometric Matching System kami sangat akurat dan cepat, dan yang terpenting adalah sangat compatible dengan sumber database mana pun. ASLI RI menyediakan sistem teknologi biometrik," ujar Arief Dharmawan, Direktur Utama ASLI RI.

Tahun 2018, Bank Sinarmas sudah melayani 3,9 juta transaksi Virtual Account. Dari angka tersebut, sebnyak 700.000 transaksi adalah transaksi fintech.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com