Luhut: Jangan Mau Uang Saja, Tapi Lingkungan Dilupakan

Kompas.com - 28/02/2019, 11:58 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat di Jakarta, Kamis (28/2/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta para petani kelapa sawit lebih memperhatikan permasalahan lingkungan.

Sebab, saat ini industri kelapa sawit Indonesia tengah diguncang permasalahan lingkungan oleh negara-negara Uni Eropa.

"Semua harus bicara lingkungan, jangan kita mau uang saja, tapi lingkungan dilupakan," ujar Luhut dalam sambutannya di acara pertemuan dengan petani kelapa sawit nasional di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Baca juga: Jawab Sindiran Luhut soal Harga Pangan, Ini Penjelasan BPN Prabowo

Luhut juga meminta kepada para pengusaha besar kelapa sawit untuk mendidik para petani kecil terkait masalah lingkungan.

Selain itu, Luhut juga menginginkan para pengusaha besar melindungi para petani kecil.

"Jadi saya bilang ke petani-petani besar kalian harus kontribusi kepada petani-petani dan koperasi kecil. Kita mau keseimbangan itu jalan," kata Luhut.


Baca juga: Luhut Sebut Lahan Negara yang Dikuasainya Produktif untuk Bisnis Batu Bara

Luhut menuturkan, saat ini industri kelapa sawit merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Sebab, industri kelapa sawit salah satu penyumbang devisa terbesar bagi perekonomian Indonesia.

"Saya ngotot dengan kelapa sawit, karena banyak rakyat Indonesia terlibat dan pendapatan pajak meningkat dari sawit," ucap dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X