Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40.000 Ritel Modern Sepakat Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Kompas.com - 28/02/2019, 19:30 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicolas Mandey mengatakan, semua peritel anggota asosiasi telah sepakat mengurangi penggunaan kantong plastik.

Hal ini merupakan bagian dari upaya pengurangan sampah plastik yang salam ini menjadi masalah serius.

"Aprindo dengan 40.000 toko dari Aceh sampai Jayapura menudukung program pemerintah dalam pengurangan sampah plastik," kata Roy dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Roy menyebutkan, salah satu upaya mengurangi penggunaan sampah itu dengan cara pengenaan biaya kepada konsumen ketika berbelanja di toko ritel. Aprindo akan menerapakan Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) di ritel-ritel modren sejak 1 Maret ini.

Baca juga: Mulai 1 Maret Ini, Aprindo Resmi Terapkan Kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis

"Kita setuju dan mendukung habis-habisan pengurangan sampah plastik, apa yang menjadi program pemerintah. Kita konkretkan, per 1 Maret 2019," sebutnya.

Dia mengungkapkan, kebijakan ini mereka ambil sesuai dengan instruksi dua isi peraturan pemerintah yang pokoknya mengatakan harus adanya pengurangan dan pengelolaan sampah. Termasuk sampah jenis plastik di dalamnya.

Sebagai asosiasi, kata Roy, Aprindo senantiasa mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah 30 persen dan menangani pemerintah 70 persen pada 2025.

"Kita ingin menjaga lingkungan hidup. Untuk mengedukasi masyarakat, kita akan terapkan kantong plastik tidak gratis. Harus ada cara menedukasi masyarkat," tuturnya.

Aprindo lanjut dia, memberikan kebebasan kepada perusahaan ritel untuk menentukan dan merencanakan langkah edukasi seperti apa yang akan diberikan kepada masyarakat. Selain itu, pengenaan harga atau biaya kantong plastiknya minimal Rp 200 per kantong.

"Setiap perusahaan punya cara dan proses, tentu ada waktu itu supaya berjalan. Kita deklarasi hari ini sepakat mengurangi sampah plastik," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com