Mau Kerja di Industri Migas? Ternyata Tak Harus Lulusan Perminyakan Lho...

Kompas.com - 28/02/2019, 20:21 WIB
Para pekerja di industri hulu migas sedang melaksanakan pekerjaannya di lapangan. SHUTTER STOCKPara pekerja di industri hulu migas sedang melaksanakan pekerjaannya di lapangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkarier di industri minyak dan gas rupanya tak selalu harus berpendidikan teknik perminyakan.

Banyak posisi lain di sektor industri migas yang memerlukan latar pendidikan yang beragam.

Direktur Indonesian Petroleum Association, Tenny Wibowo mengatakan, di industri migas hanya sekitar 40 persen karyawannya yang berlatar belakang pendidikan teknik perminyakan.

"Sebetulnya di industri migas yang lulusan teknik perminyakan minorutas. Karena secara umum sekitar 20 sampai 40 persen berasal dari support," ujar Tenny dalam sebuah diskusi yang digelar Dyandra Promosindo di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Baca juga: Hari Pertama Kerja, Lakukan 5 Hal Ini

Tenny menambahkan, di industri migas sebenarnya membutuhkan tenaga kerja yang beragam latar belakang pendidikan. Atas dasar itu, dia meminta generasi milenial yang bukan lulusan dari teknik perminyakan tak perlu berkecil hati jika ingin berkontribusi di sektor tersebut.

"Banyak sekali kesempatan SDM di industri migas. Kita membutuhkan karyawan untuk HRD, legal, dan itu banyak berlatar belakang non-teknik,”kata Tenny.

Hal tersebut pun diamini oleh Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu P. Taher. Bahkan, dia mengaku tak memiliki latar belakang pendidikan di sektor migas sewaktu pertama kali terjun ke industri ini.

"Saya saja lulusan accounting," sebut dia.

Wisnu menyebutkan, masih ada 1.000 lapangan potensi migas yang bisa dikembangkan dan membuka lapangan kerja. Saat ini juga ada tranformasi di industri migas untuk mempertahankan dan menunjang ketahanan energi nasional hingga ke depan.

Baca juga: Kemenhub Batalkan Rencana Pengaturan Jam Kerja Ojek Online

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X