Beli Tiket Kereta Api Bisa Bayar dengan LinkAja

Kompas.com - 28/02/2019, 22:22 WIB
Ilustrasi LinkAjaLinkAja Ilustrasi LinkAja

JAKARTA, KOMPAS.com - LinkAja, aplikasi pembayaran digital hasil sinergi sejumlah perusahaan BUMN mulai beroperasi pada Jumat (1/3/2019). Aplikasi tersebut juga bisa digunakan sebagai metode pembayaran untuk berbagai layanan PT Kereta Api Indonesia, mulai dari kereta api lokal, jarak jauh, dan juga commuter line.

Penumpang cukup menginstal aplikasi LinkAja di smartphone Android dan iOS, lalu melakukan registrasi dan top up saldo. Setelah itu, penumpang bisa langsung bertransaksi.

Baca juga: PT KAI Tetap Berlakukan Batasan Bagasi Saat Mudik 2019, Ini Biayanya...

Berikut adalah detail transaksi yang dapat dibayar menggunakan LinkAja:

1. LinkAja untuk pembayaran transaksi di KAI Access.

LinkAja dapat digunakan untuk pembayaran KA Jarak Jauh dan KA Lokal melalui aplikasi KAI Access. Penumpang cukup memilih LinkAja di e-wallet pada tahap pembayaran tiket.

2. LinkAja untuk pembayaran transaksi di web KAI.

LinkAja dapat digunakan untuk pembayaran KA Jarak Jauh untuk pembelian di web KAI yaitu www.kai.id. Penumpang cukup memilih LinkAja pada tahap pembayaran tiket.

3. LinkAja untuk pembayaran transaksi di loket KA Jarak Jauh.

LinkAja dapat digunakan untuk pembayaran di loket go show dan reservasi KA Jarak Jauh. Untuk  tahap awal, KAI menyediakan mesin EDC LinkAja di 84 loket pada 26 stasiun besar yang ada di Jawa dan Sumatera. Ke depannya KAI akan menambah mesin EDC LinkAja mencapai 100 mesin di 26 stasiun.

4. LinkAja untuk pembayaran transaksi di loket stasiun KRL Commuter Line.

Mulai 3 Maret 2019, LinkAja dapat digunakan untuk pembelian Tiket Harian Berjaminan (THB) di loket stasiun KRL Commuter Line. Caranya dengan memindai QR code. Pada tahap awal, transaksi hanya dapat dilakukan di 10 stasiun KRL yaitu Stasiun Bogor, Cilebut, Bojonggede, Depok Baru, Tanah Abang, Jakarta Kota, Duri, Cikarang, Sudirman, Juanda.

Ke depannya, pembayaran melalui LinkAja juga dapat dilakukan untuk transaksi top up Kartu Multi Trip (KMT).

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menilai, hadirnya alternatif metode pembayaran untuk berbagai layanan KAI menggunakan LinkAja juga akan mempermudah calon penumpang.

“Sinergi BUMN melalui LinkAja ini penting untuk memajukan bangsa, dimana sesama BUMN saling bersatu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Edi.

Baca juga: Kisah Jonan Saat Jadi Dirut KAI, 60 Persen Pegawainya Lulusan SD-SMP

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X