Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Ini Bikin Anda Tanpa Sadar Berhemat

Kompas.com - 17/03/2019, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Berhemat bagi sebagian orang menjadi tantangan. Ada banyak alasan seseorang kesulitan berhemat, mulai dari penghasilan yang terbilang kecil, kebiasaan belanja yang susah direm, hingga beragam tagihan maupun cicilan yang harus dibayar tiap bulan.

Meskipun demikian, ada banyak cara sederhana yang membuat Anda tanpa sadar sebenarnya sudah berhemat. Dilansir dari Cosmopolitan UK, Minggu (17/3/2019), berikut 10 cara tersebut.

1. Jadwalkan belanja

Ilustrasi belanja buahJupiterimages Ilustrasi belanja buah

Bangun rutinitas belanja mingguan atau bulanan ketimbang belanja ketika perlu sesuatu atau kapanpun yang Anda mau. Rutinitas tersebut membuat kebiasaan belanja Anda lebih terarah dan hemat.

2. Simpan makanan

Anda bisa memasak hidangan favorit Anda dengan porsi yang lebih banyak lalu bekukan di lemari es, sehingga Anda bisa memanaskannya di lain hari. Mengapa harus membeli makanan siap saji jika Anda bisa memasak sendiri?

3. Otomasi tabungan

Ilustrasi simpananTHINKSTOCKS Ilustrasi simpanan

Hindari kebiasaan menabung sisa uang di akhir bulan. Atur otomasi atau autodebet dari rekening Anda untuk tabungan ketika Anda gajian, sehingga uang Anda secara otomatis langsung ditabung.

4. Bandingkan harga

Jangan ragu untuk membandingkan harga sebelum membeli sebuah produk untuk memastikan Anda memperoleh harga terbaik. Saat ini ada beragam situs atau aplikasi perbandingan harga yang bisa Anda manfaatkan.

5. Manfaatkan e-commerce

Gunakan e-commerce dengan bijak, khususnya untuk memperoleh harga terbaik atas sebuah produk. Anda pun bisa menjual barang-barang yang sudah tak terpakai namun dalam kondisi masih bagus lewat e-commerce untuk memperoleh penghasilan tambahan.

6. Bawa bekal ke kantor

Ilustrasi bekerja sambil ngemilgrinvalds Ilustrasi bekerja sambil ngemil

Membawa bekal ke kantor memang tak selezat makan di restoran. Akan tetapi, kebiasaan ini bisa membuat Anda menghemat uang dalam jumlah yang cukup signifikan.

7. Susun daftar belanjaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com