Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Perikanan dan Pertanian, KKP Salurkan Bantuan di Jembrana Bali

Kompas.com - 18/03/2019, 15:48 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memberikan bantuan untuk kesejahteraan sektor perikanan dan pertanian di Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali.

"Pemberian bantuan pemerintah ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas penerima manfaat untuk mendukung dan memajukan usaha kelautan perikanan serta menyejahteran masyarakat perikanan," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Brahmantya Satyamurti Poerwadi dalam siaran pers, Senin (18/3/2019).

Tercatat bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) senilai Rp5,034 miliar berupa benih ikan, bioflok, pakan mandiri, asuransi nelayan, dan kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan (KUSUKA).

Selain itu, bantuan juga diberikan untuk peralatan diversifikasi usaha, chest freezer, beasiswa pendidikan, pengembangan biofarmakologi, penggerak konservasi, dan fasilitasi permodalan.

Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan sebesar Rp 650 juta berupa alat mesin pertanian (Alsintan) pra dan pasca panen berupa 20 unit traktor roda dua, 5 unit cultivator dan 5 unit power thresher. Tujuannya agar para petani dapat menunjang aktivitas pengolahan lahan pertanian secara lebih modern.

Satya juga memaparkan, produksi sektor perikanan di pengambengan juga bernilai ekonomi tinggi. Dengan produksi perikanannya itu, PPN Pengambengan memiliki potensi wisata kuliner ekonomi produktif dan bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata bahari yang dapat menarik wisatawan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian Sarwo Edhy berharap bantuan pemerintah ini dimanfaatkan dengan baik untuk terus dikelola agar dapat memajukan kelompok usaha bersama penerima bantuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com