Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Traveler "Zero-Waste", Youtuber Ini Raup 300.000 Dollar AS Setahun

Kompas.com - 25/03/2019, 11:12 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Persoalan lingkungan hidup belakangan menjadi sebuah tren, di samping sebuah kewajiban manusia untuk menjaga alamnya. Kepedulian akan keberlangsungan ekosistem kini tak hanya ditunjukkan aktivis lingkungan hidup, tapi juga merambah ke profesi lainnya.

Berlatar belakang dunia fashion, Youtuber asal Australia Sorelle Amore mengkampanyekan gaya hidup bebas plastik selama perjalanannya keliling dunia.

Amore memiliki ratusan ribu penggemar di berbagai platform media sosial. Dengan itu, ia membangun sebuah "kerajaan" dan melakukan perjalanan keliling dunia sekaligus mempengaruhi pengikutnya melakukan gaya hidup "zero-waste".

Dengan menggunakan keterampilan fotografinya, ia merekam video di lokasi terpencil, menganjurkan gaya hidup minimalis dan tanpa limbah sampah.

Baca juga: Dari Mana Asal Duit Para Youtuber?

Sebagaimana dikutip dari Forbes, tahun lalu, Amore menghasilkan lebih dari 300.000 dollar AS. Sebanyak 5 persen di antaranya dia peroleh dari Youtube. Sementara sisanya, 60 persen dari usaha bisnis fashionnya dan 35 persen dari sponsor atau endorse. Tak dipungkiri, menjadi Youtuber juga membuat label fashionnya laris manis.

Sebelum menyelami bisnis di Youtube, Amore sempat bekerja di bidang pemasaran, meluncurkan bisnis fashion online-nya sendiri, bahkan bekerja di agensi fotografi kelas atas. Namun, ia merasa pekerjaan tersebut kurang sesuai hatinya hingga akhirnya memutuskan pindah ke Islandia untuk memulai karir di YouTube.

Perjalanan menjadi influencer

Di Islandia, Amore berjuang untuk memenuhi kebutuhan di negara yang mahal itu. Ia kemudian mencoba kontes bertajuk "Pekerjaan Terbaik di Planet" ThirdHome. Ia langsung mengirim pengajuan di hari terakhir pendaftaran. Tak disangka, ia memenangkan kontes itu dan mengalahkan 17.000 influencer lainnya.

Amore diberi pekerjaan untuk melakukan perjalanan keliling dunia selama tiga bulan, membuat video, dan memotret rumah-rumah mewah di 12 negara. Pekerjaan tersebut memberinya 10.000 dollar AS perbulan, jauh dari apa yang telah diperoleh Youtuber milenial sebelumnya.

Pada akhirnya, Amore ingin sesuatu yang berbeda sebagai fokus baru konten Youtubenya.

"Saya tidak ingin menjadi seperti, 'Saya suka toko roti ini, lihat toko roti ini'," kata Amore.

Maka ia memutuskan untuk fokus pada tutorial kamera dan fotografi dan membangun image dari foto-foto selfienya. Tak hanya itu, ia jiga membagikan tips seperti cara berpakaian untuk tipe tubuh atau bagaimana membuat feed Instagram yang menarik secara visual.

Konten tersebut ternyata menjadi magnet bagi warganet dan dalam waktu singkat ia mendapat 300.000 subscriber dalam waktu 3 bulan.

Baca juga: Sempet Mengamen, Sendi Kini Jadi Bos Kosmetik Beromzet Miliaran Rupiah

Gaya hidup bebas plastik

Memang sulit bagi sebagian orang untuk menghindari sampah plastik. Untuk memulainya, perlu ada niat yang kuat untuk menghindari pemakaian plastik dari minimarket, kemasan plastik camilan, dan penggunaan sedotan plastik.

Halaman:
Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com