Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Seminggu, Kekayaan 6 Miliarder Ini Melonjak Rp 184,4 Triliun

Kompas.com - 28/04/2019, 16:23 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Forbes

NEW YORK, KOMPAS.com - Dalam setahun terakhir, Mark Zuckerberg mengalami masalah dengan perusahaannya, Facebook. Namun, beberapa minggu belakangan nasib baik nampaknya memihak pada dirinya.

Kekayaan CEO Facebook ini melonjak 5,5 miliar dollar AS dalam sepekan. Sebagian besar dikarenakan investor merasa gembira dengan laba kuartal I-2019 sebesar 2,4 miliar dollar AS yang dibukukan oleh Facebook.

Seperti dikutip dari Forbes, Minggu (28/4/2019), total kekayaan pria berusia 34 tahun tersebut mencapai 71,3 miliar dollar AS, meningkat 20 miliar dollar AS jika dibandingkan dengan awal tahun ini. Zuckerberg kini menempati posisi sebaga orang terkaya nomor 5 di dunia, meningkat dari bulan Maret lalu, di mana dirinya menduduki peringkat ke-8.

Baca juga: Mark Zuckerberg Akan Belajar Mata Uang Digital, Untuk Apa?

Laporan pendapatan Facebook yang positif seakan menutupi sentimen negatif yang muncul lantaran Facebook harus membayar denda sebesar 5 miliar dollar AS kepada Komisi Perdagangan Federal setempat terkait masalah privasi.

Adapun keuntungan Zuckerberg pekan ini adalah yang terbesar, disusul oleh CEO Amazon Jeff Bezos dan tiga miliarder lain yang jika digabungkan kekayaan merkea meningkat hingga 13 miliar dollar AS dalam satu pekan atau setara sekira Rp 184,4 triliun.

Sehari setelah Facebook merilis laporan pendapatan kuartal pertama, Amazon mengumumkan laba kuartalan sebesar 3,6 miliar dollar AS, rekor tertinggi mereka sepanjang masa.

Baca juga: Bill Gates dan Jeff Bezos Masuk Klub Eksklusif 100 Miliar Dollar AS

Harga saham Amazon meningkat 2,2 persen dalam seminggu hingga Kamis (25/4/2019), menyebabkan kekayaan bersih Bezos naik 3,2 miliar dollar AS. CEO berusia 55 tahun tersebut memiliki 16 persen saham di Amazon, sehingga kekayaannya kini mencapai 157,8 miliar dollar AS.

Bezos mengumumkan awal bulan ini bahwa ia akan mentransfer sekitar 4 persen saham perusahaan kepada istrinya, MacKenzie, sebagai bagian dari penyelesaian perceraian mereka, yang diperkirakan akan selesai sekitar awal Juli. Dengan perceraian tersebut, Bezos masih akan menjadi orang terkaya di dunia sementara MacKenzie akan menjadi wanita terkaya ketiga di dunia.

Baca juga: Jeff Bezos: Kita Tak Bisa Pilih Passion yang Kita Inginkan

Adapun kekayaan bersih mantan CEO Microsoft Steve Ballmer meningkat 1,7 miliar dollar AS dalam sepekan lantaran harga saham raksasa perangkat lunak itu melejit 4,7 persen. Laba kuartalan Microsoft melebihi ekspektasi, yaitu 30,6 miliar dollar AS, didorong bisnis cloud komersialnya, yang telah tumbuh 41 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Ballmer sebagai pemegang saham individual terbesar Microsoft pun saat ini memiliki nilai kekayaan bersih mencapai 48,3 miliar dollar AS. Sementara pendiri dan mantan CEO Microsoft Bill Gates hanya memiliki lebih dari 1 persen saham, setelah menjual atau memberikan sebagian besar sahamnya di Microsoft.

Namun, melejitnya harga saham Microsoft benar-benar meningkatkan kekayaan bersihnya sebesar 600 juta dollar AS.

Baca juga: Punya Harta Melimpah, Begini Cara Bill Gates Belanjakan Kekayaan

Di sisi lain, CEO Dell Technologies Michael Dell saat ini memiliki total kekayaan mencapai 40 miliar dollar AS, meningkat 1,4 miliar dollar AS dalam seminggu lantaran adanya kenaikan harga 6,6 persen saham yang dia miliki. Desember lalu, Dell kembali melantai di bursa setempat setelah sebelumnya sempat diprivatisasi.

Kapitalisasi pasar Dell Technologies saat ini sebesar 46,7 miliar dollar. Kekayaan bersih Dell pun meningkat hampir dua kali lipat selama 12 bulan terakhir.

Lain hal dengan Larry Page, pendiri Google dan CEO perusahaan induknya Alphabet, yang mengantongi 1,1 miliar dollar AS dalam seminggu. Saat ini, total kekayaannya diperkirakan mencapai 57,6 miliar dollar AS.

Saham Alphabet, yang akan melaporkan pendapatan kuartal pertama setelah bel penutupan pada hari Senin (29/4/2019), telah meningkat 2,2 persen sejak Kamis lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com