Amerika Serikat Jadi Negara dengan Jumah Miliarder Terbanyak di Dunia

Kompas.com - 13/05/2019, 11:12 WIB
IlustrasiTHINKSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com - Sebanyak lima belas negara tercatat mendominasi populasi miliarder di dunia.

Begitu hasil Wealth-X’s 2019 Billionaire Census report yang menganalisis data dari database lebih dari satu juta catatan orang terkaya di dunia.

Secara kolektif, 1.942 miliarder di 15 negara ini bernilai 6,8 triliun dollar AS, atau menyumbang 79 persen dari total kekayaan miliarder global pada 2018.

Baca juga: Penasaran dengan Hobi Para Miliarder Dunia? Berikut Daftarnya

Berikut negara-negara di dunia yang memiliki miliarder paling banyak seperti dikutip dari Business Insider:

1. Amerika Serikat

Jumlah miliarder di AS sebanyak 705 orang dengan total kekayaan mencapai 3,01 triliun dollar AS, atau menyumbang 27 persen dari miliarder dunia dan 35 persen dari kekayaan miliarder global.
Adapun konsentrasi miliarder tertinggi di negara ini berada di New York, San Francisco, dan Los Angeles.

2. China

Negeri Tirai Bambu tercatat memiliki 285 miliarder dengan total kekayaan 996 miliar dollar AS. Ini setara dengan 12 persen dari kekayaan miliarder global.

Sebagian para miliarder China terkonsentrasi di Shenzhen dan Hangzhou.

Nemun jumlah miliarder di negara itu dilaporkan menurun karena perang dagang AS-Cina hingga melemahnya pertumbuhan global.

3. Jerman

Jerman adalah negara dengan ekonomi terbesar di Eropa. Hal ini berkontribusi terhadap akumulasi kekayaan individu penduduknya.

Wealth-X’s 2019 Billionaire Census report mencatat, jumlah miliarder Jerman sebanyak 146 dengan total kekayaan 442 miliar dollar AS.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X