Bank Mandiri Siapkan Rp 55 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

Kompas.com - 13/05/2019, 13:00 WIB
Ilustrasi uangKOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi uang

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur TI dan Operasi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk ( KOMPAS100: BMRI) Rico Usthavia Frans mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sekitar Rp 55 triliun untuk melayani transaksi selama Lebaran tahun ini. Uang tunai tersebut akan disebar ke mesin- mesin ATM dan layanan lainnya.

"Kira-kira, perkiraan kita Rp 55 triliun. Itu yang disiapkan. Tahun lalu di atas itu, Rp 59 triliun," kata Rico di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Rico menjelaskan, jumlah uang yang disiapkan itu lebih sedikit daripada tahun lalu. Hal ini dikarenakan durasi libur yang lebih singkat, sehingga kebutuhan uang tunai tidak sebanyak tahun sebelumnya.

Baca juga: Kebutuhan Uang Tunai selama Ramadhan dan Lebaran Capai Rp 217,1 Triliun

Dikatakannya, penurunan jumlah ini diperkirakan mencapai sekitar 5 sampai 10 persen. Penurunan kebutuhan uang tunai juga salah satunya disumbang oleh peningkatan transaksk nontunai.

Meskipun demikian, pihaknya tetap siap persediaan uang yang akan dibutuhkan selama Lebaran 2019.

"Tapi kita siapkan. Di jalur mudik kita siapkan juga Mandiri ATM dan juga di beberapa rest area kita siapkan untuk penyiapan pengisian e-money," terangnya.

"Yang utama kita siapkan uang-uang di ATM. Moga-moga tahun tahun berikutnya semakin menurun karena adanya cashless society," tambahnya.

Baca juga: Waktu Ini Jadi Puncak Penarikan Uang Selama Ramadhan

Sebelumnya diberitakan, Bank Indonesia (BI) memperkirakan kebutuhan uang kartal pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini mencapai Rp 217,1 trliun. Angka ini meningkat 13,5 persen secara tahunan (yoy).

Deputi Gubernur BI Ros­maya Hadi, mengatakan, jika secara histori rata-rata dalam lima tahun kenaikannya sebesar 13,5 persen.

"Khusus untuk 2019 ini, meningkatnya adalah 13,5 persen. Jadi sekarang secara nasional itu kebutuhan akan uang tunai sebesar Rp 217, 1 triliun," katanya dalam jumpa pers di Gedung BI, Jakarta , Jumat (10/5/2019).




Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X