Minat Investasi Emas? Ini 3 Kelebihannya

Kompas.com - 14/05/2019, 16:36 WIB
Ilustrasi emas batanganSHUTTERSTOCK Ilustrasi emas batangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi emas masih dianggap paling aman dan dinilai masih menguntungkan.

Meskipun ada pergeseran investasi, sebagian besar orang masih lebih suka emas sebagai opsi investasi yang lebih baik.

Investasi emas sendiri memiliki sejumlah manfaat unik. Berikut tiga manfaat unik berinvestasi emas seperti dikutip dari Etnownews.com:

1. Sangat Likuid

Emas adalah aset paling likuid di antara semua aset lain yang tersedia untuk diinvestasikan, baik itu ekuitas, obligasi, deposito berjangka bank hingga logam mulia lainnya.

Emas juga memiliki konvertibilitas tercepat menjadi uang tunai dibandingkan dengan semua aset yang disebutkan sebelumnya.

2. Minim Volatilitas

Di sisi lain, emas emas adalah aset aset aman terbaik dibandingkan tagihan treasury dan sekuritas yang didukung pemerintah lainnya.

Aset lain seperti ekuitas, mata uang, obligasi, skema asuransi, real estate reksa dana hingga deposito berjangka bank sangat sensitif terhadap variasi suku bunga, gejolak pasar dan peringkat kredit negara.

Jadi emas adalah pilihan investasi paling cocok untuk investor yang enggan mengambil risiko dan lebih tertarik untuk menjaga uangnya.

3. Diversifikasi

Emas merupkan salah satu opsi terbaik untuk mendiversifikasi portofolio. Sebab dimasukkannya emas dalam portofolio membawa aset yang dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai.

Pada saat jatuhnya pasar, orang meningkatkan investasi menjadi emas secara proporsional. Sementara nilainya naik tinggi, banyak investor emas menambahkan aset ekuitas ke dalam portofolio mereka.




Close Ads X