Ini 3 Cara agar Kondisi Tetap Prima Bekerja Saat Puasa

Kompas.com - 15/05/2019, 17:12 WIB
Ilustrasi puasaogichobanov Ilustrasi puasa

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama bulan puasa secara umum aktivitas sehari-hari berubah, termasuk urusan makan. Pola makan dan tidur yang berubah ini bisa membuat kondisi tubuh kurang fit dan prima.

Lalu, seperti apa caranya agar kondisi badan tetap stabil bagi Anda yang bekerja?

Menurut Dr. Marianti dari Alodokter, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan supaya kondisi badan tetap baik selama menjalani puasa. Ini berlaku untuk semua, termasuk mereka yang bekerja di kantoran.

"Kalau soal tetap prima dan fit, basic-nya kita harus balik lagi ke pola hidup sehat," kata Dr. Marianti berbincang dengan Kompas.com, Rabu (15/5/2019).

Baca juga: Ini Cara Atur Keuangan Saat Harga Pangan Naik di Bulan Ramadhan

Dr. Marianti menjelaskan, untuk mencapai kondisi fit dan prima itu seseorang melakukan dengan cara-cara yang terukur dan terencana. Sehingga tidak berdampak buruk pada tubuh.

1. Pola makan sehat

Untuk mencapai kondisi tetap fit dan prima harus diperhatikan pola makan. Makanan harus sehat dan mencukupi dari segala aspek.

"Perhatikan jenisnya, nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jadi harus yang mengandung nutrisi dan itu harus seimbang. Ada karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin," jelasnya.

Setelah kandungan makanannya, harus juga diperhatikan porsi atau jumlahnya. Artinya, tidak boleh makan yang kurang atau berlebihan.

"Jumlahnya jangan berlebihan. Tetap sesuai dengan kebutuhan dan pengolahannya. Kalau bisa jangan digoreng, karena banyak lemak tans, lemak jahatnya. Lagi bulan puasa, kalau berbuka paling banyak makan gorengan," sebutnya.


2. Olah raga

Selain memperhatikan makanan, olah raga juga harus dilakukan agar badan tetap bugar. Ini akan memberikan dampak positif ketika bekerja.

Meskipun demikian, jenis olah raga tidak boleh sembarangan dan harus dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X