7 Fakta soal Kekayaan Bill Gates yang Perlu Anda Tahu

Kompas.com - 15/05/2019, 18:01 WIB
Bill Gates menyebut dunia belum siap jika pandemik baru menyerang kitascience alert Bill Gates menyebut dunia belum siap jika pandemik baru menyerang kita

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri Microsoft Bill Gates merupakan orang terkaya kedua di dunia. Menurut data Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Gates mencapai 104 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 1.502 triliun.

Saking kayanya, rata-rata pengeluaran warga AS sebesar 1 dollar AS serupa dengan pengeluaran Gates sebesar 1,06 juta dollar AS atau sekitar Rp 14,5 juta. Itu pun Gates sudah menyumbangkan kira-kira 27 persen kekayaannya untuk kegiatan amal.

Baca juga: Punya Harta Melimpah, Begini Cara Bill Gates Belanjakan Kekayaan

Dilansir dari Business Insider, Rabu (15/5/2019), berikut adalah 7 fakta mencengangkan tentang kekayaan Gates.

1. Kekayaan bertambah

Dalam setahun terakhir, kekayaan Gates dilaporkan terus bertambah. Sepanjang tahun 2018 lalu saja, Gates lebih tajir hampir 12 miliar dollar AS atau sekitar Rp 173 triliun.

2. Penghasilan hampir Rp 5,5 juta per detik

Berdasarkan kekayaan Gates tahun lalu, setidaknya ia memperoleh penghasilan 380 dollar AS per detik atau setara hampir Rp 5,5 juta. Angka ini berdasarkan kalkulasi Business Insider.

3. Butuh 285 tahun untuk belanjakan kekayaan

Apabila Gates bisa membelanjakan 1 juta dollar AS dalam sehari, maka ia membutuhkan lebih dari 285 tahun untuk membelanjakan kekayaannya.

Baca juga: Kekayaan Bersih Bill Gates Tembus Rp 1.400 Triliun Minggu Ini

4. Bisa beli jutaan troy ons emas

Kekayaan Gates tercatat mencapai 104 miliar dollar AS. Dengan kekayaan tersebut, ia bisa membeli 81,1 juta troy ons emas, menurut Bloomberg.

5. Tetap kaya meski sudah beramal

Gates menyumbangkan sedikitnya 27 persen dari kekayaannya untuk kegiatan amal. Namun demikian, ia tetap menjadi orang terkaya kedua di dunia setelah pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos.

6. Kekayaan setara PDB tiga negara sekaligus

Kekayaan Gates setara dengan produk domestik bruto (PDB) tiga negara sekaligus, yakni Kroasia, Kamboja, dan Bahamas. PDB Kroasia tercatat sebesar 63,8 miliar dollar AS, sementara PDB Kamboja 26,6 miliar dollar AS, dan Bahamas 12,8 miliar dollar AS.

Baca juga: Menurut Bill Gates, Lakukan Trik Ini agar Sukses Sejak Muda

7. Lebih kaya dari orang terkaya di Asia dan China sekaligus

Gates pun lebih kaya dari orang terkaya di Asia dan China sekaligus. Orang terkaya di Asia adalah pebisnis India Mukesh Ambani yang memiliki kekayaan 55 miliar dollar AS, sementara orang terkaya di China adalah konglomerat teknologi Pony Ma, yang kekayaan mencapai 38,2 miliar dollar AS.

 

 

 

 




Close Ads X