Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Industri 4.0, ASN Harus Adaptasi

Kompas.com - 16/05/2019, 12:43 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan untuk memajukan bangsa yang harus dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah mengubah pola pikir atau mindset dan perilaku. Sehingga, para ASN mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Saya ingin memberikan pesan yang luar biasa penting untuk kita semua sebagai ASN. Untuk memajukan bangsa ini, ASN harus mengubah mindset dan perilaku agar bisa beradaptasi dengan revolusi Industri 4.0," kata Sri Mulyani lewat akun Facebook miliknya dikutip Kompas.com, Kamis (16/5/2019).

Menkeu menjelaskan, untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan itu, cara yang harus dilakukan ASN adalah dengan mempelajari, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi yang terus berkembang dengan cepat.

Baca juga: Menelisik Fenomena “Gig Economy” pada Era Industri 4.0 bagi Milenial

Diharapkan dengan selalu terhubung dengan teknologi, perubahan mindset akan lebih mudah dan cepat terinternalisasi dalam pekerjaan sehari-hari.

"Hal ini penting, karena kita sengaja atau tidak sengaja sering menjadi institusi yang banyak menciptakan halangan dalam pengembangan inovasi. Sehingga ide yang baik sering mati di tengah jalan atau bahkan baru lahirpun langsung gagal," tuturnya.

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, ASN adalah bagian dari institusi yang menentukan bisa maju atau tidaknya negara ini (beradaptasi).

Baca juga: Sektor Industri Paling Siap Terapkan Industri 4.0, Ini Urutannya

Oleh karena itu, lanjutnya, jangan sampai ide-ide cemerlang menjadi terhambat antara lain karena birokrasi yang berbelit-belit dan tumpang tindih (misalnya dalam perizinan).

"Sehingga membuat Indonesia tidak mampu bersaing dengan negara lain," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com