Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Kembali Tahan Suku Bunga Tetap 6 Persen di Mei 2019

Kompas.com - 16/05/2019, 14:45 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 6 persen.

Selain itu suku bunga Deposit Facility juga tetap sebesar 5,25 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75 persen.

"Dengan memertimbangkan assesement dan perkiraan kondisi global dan domestik RDG BI pada 15 dan 16 Mei 2019 memutuskan untuk memertahankan BI 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 6 persen," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca juga: Ekonom Sebut Ada Kemungkinan BI Turunkan Suku Bunga Acuan di 2019

Perry menilai, keputusan tersebut diambil sejalan dengan upaya memperkuat stabilitas eksternal perekonomian Indonesia di tengah pasar keuangan global yang meningkat.

Perry mengatakan, BI akan terus mencermati kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal Indonesia dalam memertimbangkan ruang kebijakan moneter yang akomodiatif serta sejalan dengan rendahnya inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

BI juga memastikan ketersediaan likuditas di perbankan dan memenuhi kebijaka makro prudensial yang akomodatif.

Baca juga: BI Disarankan Tahan Suku Bunga di Level 6 Persen

"Kebijakan sistem pembayaran juga akan diperkuat. Koordiasi antara BI dengan pemerintah dan otoritas terkait akan dipererat untuk memerhatikan stabilitas ekonomi serta mendorong permintaan domestik, serta mendorong ekspor dan pariwisata," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com