Ingat, Bawa KTP untuk Tukar Uang Baru

Kompas.com - 17/05/2019, 14:32 WIB
Lokasi penukaran uang lebaran di IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019)KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI Lokasi penukaran uang lebaran di IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Lapangan IRTI Monas, Jakarta merupakan salah satu lokasi tempat penukaran uang yang disediakan oleh Bank Indonesia ( BI). Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan, terdapat 16 mobil layanan milik perbankan yang melayani penukaran uang.

Bagi masyarakat yang berminat menukarkan uangnya, Rosmaya mengatakan wajib membawa KTP.

"Iya syarat KTP sama syaratnya ada uangnya (yang mau ditukar)," kata dia di di, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Dia menjelaskan, KTP diperlukan untuk mendata masyarakat yang telah menukarkan uang.

Baca juga: BI Siapkan 2.900 Titik Penukaran Uang Jelang Lebaran

Sebab, setiap orang hanya memiliki satu kali kesempatan untuk menukarkan uang dalam jangka waktu tiga hari. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengurangi potensi munculnya kegiatan jual-beli uang baru yang marak menjelang Ramadhan.

Dalam setiap menukarkan uang, seriap orang dibatasi untuk bisa menukar maksimal Rp 3,9 juta.

"Jadi kita satu orang (bisa menukar uang dengan jumlah) Rp 3,9 juta," tambahnya.

Baca juga: Kebutuhan Uang Tunai selama Ramadhan dan Lebaran Capai Rp 217,1 Triliun

BI sendiri untuk memenuhi kebutuhan uang selama Ramadhan hingga lebaran menyediakan lokasi penukaran uang baru di 2.941 titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Angka tersebut meningkat dari tahun lalu yang sebesar 1176 titik lokasi penukaran.

Adapun untuk jumlahnya, BI menyediakan Rp 217,1 triliun yang dibagi di Jawa dengan masing-masing Jabodetabek sebesar Rp 84 triliun dan di luar Jabodetabek Rp 51,5 triliun. Untuk wilayah Sumatera, BI mengalokasikan uang tunai sebesar Rp 41,2 triliun dan Kawasan Timur Indonesia sebesar Rp 40,4 triliun.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X