9 Imbauan Jasa Marga untuk Pemudik yang akan Lewat Tol Trans Jawa

Kompas.com - 17/05/2019, 15:14 WIB
Suasana perjalanan ekspedisi komparasi Tol Trans Jawa - Pantura oleh tim Otomotif Kompas.comKompas.com Suasana perjalanan ekspedisi komparasi Tol Trans Jawa - Pantura oleh tim Otomotif Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah berencana mudik ke kampung halaman melalui jalan Tol Trans Jawa? Persiapankanlah segala sesuatunya dengan baik.

Sebab, Tol Trans Jawa merupakan jalan yang belum lama beroperasi penuh. Bukan tidak mungkin, banyak pemudik yang belum mengenal baik jalan ini.

Untuk itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (KOMPAS100: JSMR) memberikan tips dan imbauan kepada kepada masyarakat yang hendak mudik melalui Tol Trans Jawa.

Baca juga: Bisakah Tol Trans Jawa Jadi Titik Kebangkitan Bus AKAP?

"Imbauan-imbauan yang utama itu sudah kami buat," ujar Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Berikut ini adalah sejumlah imbauan-imbauan Jasa Marga.

  1. Pastikan kondisi pengendara dalam keadaan yang prima untuk berkendara di Tol Trans Jawa.
  2. Cek kondisi kenderaan agar prima saat digunakan untuk melibas Tol Trans Jawa.
  3. Perbekalan cukup, pastikan perbekalan cukup selama perjalanan.
  4. Update informasi secara online terkait kondisi lalu lintas di Tol Trans Jawa, juga bebagai layanan.
  5. Hindari berangkat saat jam-jam padat kendaraan di Tol Trans Jawa. Hal ini untuk mencegah penumpukan kendaraan yang tentu saja melelahkan.
  6. Cek kecukupan BBM. "Sebelum berangkat isi full dulu karena jelas sekali kendaraan akan padat di perjalanan. Jadi nanti kurang Bensinnya itu sudah tahu kira-kira di mana harus mengisi," kata Desi.
  7. Patuhi rambu-rambu di Tol Trans Jawa termasuk soal batas kecepatan. Hal ini penting karena jalan ini belum familiar untuk masyarakat.
  8. Cek saldo uang elektronik dan pastikan cukup agar proses transaksi tidak terkendala. Desi mengatakan, tarif Jakarta ke Surabaya sendiri bisa mencapai Rp 1 juta.
  9. Istirahat setiap 4 jam sekali atau per 200 km. Hal ini penting untuk menjaga kondisi pengemudi tetap prima.




Close Ads X