Begini Sistem Pemasaran yang Tepat untuk Bisnis Laundry

Kompas.com - 12/06/2019, 13:00 WIB
Ilustrasi laundrythinkstock/Ingram Publishing Ilustrasi laundry

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun bisnis tentunya tak terpisahkan dari pemasaran. Bagaimanapun, pemasaran yang kuat akan membuat bisnis yang dijalankan berkembang pesat. Cara membuat bisnis maju, cara pemasarannya pun harus tepat dan akurat.

Pun tak terkecuali dengan bisnis laundry kiloan. Andry T Kurniadi, seorang pebisnis laundry asal Depok mempunyai kiat pemasaran untuk bisnisnya. Hal ini bisa menjadi referensi Anda, para pemilik bisnis laundry, untuk melakukan pemasaran yang tepat.

Baca: Dulunya Wartawan, Kini Jadi Pengusaha Laundry Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Menyebar brosur

Untuk memasarkan jasa laundry-nya, Andry awalnya memilih menggunakan brosur. Sembari memasarkan lewat brosur, Andry terus mencari cara lain hingga akhirnya pemasaran lewat brosur bisa diganti dengan sistem pemasaran lain yang lebih ampuh.

"Dulu awalnya pake brosur saya sebar ke perumahan-perumahan sampai akhirnya saya sudah enggak membutuhkan brosur lagi. Kan sistem pemasaran yang lebih ampuh saya sudah tahu," kata Andry T. Kurniadi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/6/2019).

Tawarkan Harga Lebih Murah

Tak perlu memaksakan harus memakai promo. Sebab, bisnis laundry Andry pun tak menggunakan promo. Cari alternatif lain yang bisa menggaet pelanggan seperti menawarkan harga yang lebih murah.

"Kalau promo saya enggak, tapi per kilonya saya kasih harga cuma Rp 7.500 one day service," ungkap Andry.

Perkuat sistem pelayanan

Selain itu, cari keunggulan dibanding laundry lain. Misalnya, mengganti baju pelanggan yang hilang atau rusak seharga baju tersebut. Dengan memperkuat sistem pelayanan, kata Andry, bisnis laundry yang Anda geluti akan berjalan baik.

"Mau usaha apapun, ketika sistemnya tidak diperkuat, itu kelar. Semua orang bisa membuka warung, tapi enggak semua orang bisa jadi entrepreneur," pungkasnya.




Close Ads X