Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Terkaya di Eropa Gabung Klub Eksklusif 100 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 20/06/2019, 13:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Fortune

NEW YORK, KOMPAS.com - Orang terkaya di Eropa, Bernard Arnault, baru saja bergabung dengan klub eksklusif 100 miliar dollar AS. Anggota lain klub ini adalah pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos serta pendiri Microsoft Bill Gates.

Sama seperti Bezos dan Gates, kekayaan Arnault mencapai setidaknya 100 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 1.427 triliun.

Dikutip dari Fortune, Kamis (20/6/2019), Arnault adalah CEO LVMH yang memproduksi barang-barang mode mewah bermerek Louis Vuitton, Christian Dior, Givenchy, Fendi, Celine, TAG Heuer, Bulgari, Sephora, dan sebagainya. Masuknya Arnault ke dalam klub eksklusof tersebut lantaran melesatnya saham LVMH hingga mencapai rekor tertinggi.

Miliarder asal Perancis tersebut saat ini mengantongi kekayaan sebesar 100,4 miliar dollar AS. Angka tersebut setara lebih dari 3 persen perekonomian Perancis.

Baca juga: Bill Gates dan Jeff Bezos Masuk Klub Eksklusif 100 Miliar Dollar AS

Sepanjang tahun ini, saham LVMH meroket 43 persen. Saham LVMH masuk ke dalam tiga besar saham berkinerja terbaik di indeks bursa Perancis CAC 40.

Meskipun ada perang dagang, minat konsumen China terhadap tas-tas mewah Louis Vuitton, minuman cognac Henessy, dan barang-barang mewah lainnya mendongkrak kinerja keuangan LVMH.

Bergelimang harta, Arnault dan keluarganya juga masuk dalam jajaran konglomerat kaya yang menyumbang lebih dari 650 juta dollar AS pada April 2019 lalu untuk membangun kembali Katedral Notre Dame yang diterjang kebakaran. Akibat peristiwa tersebut, atap kayu katedral legendaris tersebut lenyap.

Arnault mengendalikan sekira separuh saham LVMG melalui perusahaan holding keluarga. Arnault melalui LVMH juga menguasai 97 persen saham rumah mode Christian Dior.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fortune
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com