Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Jawa Barat Siap Terbitkan Surat Utang Daerah

Kompas.com - 15/07/2019, 15:07 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemrov Jabar) Ridwan Kamil menyatakan Jawa Barat siap menerbitkan obligasi daerah (municipal bonds) untuk membiayai pembangunan fisik berskala besar.

"Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang siap. Dengan Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah) kita juga sering diskusi," kata Ridwan Kamil dalam Sosialisasi Rindekraf di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Ridwan menyebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan beberapa syarat dalam penerbitan surat utang, salah satunya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berkali-kali.

Dia yakin syarat ini bisa segera terpenuhi mengingat posisi keuangan Jawa Barat dalam keadaan aman sehingga bisa membayar kewajiban tepat pada waktunya.

"Dari keuangan kita aman, sehingga kita pasti membayar kewajiban pada waktunya," ujar Ridwan.

Baca: Penggunaan Obligasi Daerah Harus Melalui Persetujuan DPRD

Ridwan menilai, melalui penerbitan surat utang tersebut, akan ada alternatif pembiayaan lain dalam pembangunan sehingga tidak bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

"Kalau hanya mengandalkan APBD, ibaratnya mobil Jawa Barat ini kecepatannya hanya 50 km/jam. Tapi kalau pakai obligasi daerah bisa naik 80 km. Sekarang pun sudah 5,6 persen pertumbuhan ekonominya apalagi ada obligasi daerah dan pengembangan KEK," pungkas dia.

Adapun penerbitan obligasi ini rencananya akan direalisasikan tahun depan. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga berencana menerbitkan obligasi daerah. Penerbitan obligasi daerah ini bertujuan untuk menutupi kekurangan dana dalam membiayai kebutuhan anggaran daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com