Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Investasi, Kenapa Harus Pertimbangkan Inflasi?

Kompas.com - 15/07/2019, 16:47 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berminat untuk investasi? Faktor apa saja yang dipertimbangkan sebelum memilih investasi, adakah tingkat inflasi di dalamnya?

Salah satunya adalah inflasi.

Banyak orang kerap memandang tingkat inflasi dengan sebelah mata. Padahal, inflasi merupakan salah satu faktor penting yang patut dipertimbangkan sebelum memilih investasi.

Mengapa hal ini penting? Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah mengungkapkan, inflasi merupakan landasan untuk berinvestasi.

"Inflasi kami harapkan terus menjadi prakondisi bagi investor bisa investasi," ujarnya di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Baca juga: Investasi Jangan Nunggu Kaya

Tingkat inflasi dijadikan acuan untuk menentukan instrumen investasi mana yang paling cocok. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir tergerusnya tingkat imbal hasil.

Bila tingkat inflasi tinggi, maka hasil imbal hasil investasi akan tergerus oleh naiknya harga-harga barang atau jasa. Oleh karena itu, penting untuk mencari investasi dengan tingkat imbal hasil yang lebih tinggi dari inflasi.

"Kalau inflasinya 10 persen atau 15 persen, secara rill investasi mereka tergerus, kalau mereka menanam di bond market yang sifatnya fix income kalau inflasinya naik lebih dari pendapatnya itu secara rill akan negatif," kata Nanang.

Saat ini tingkat inflasi di Indonesia dalam keadaan yang stabil di angka 3-3,5 persen per tahun. Angka ini turun dari beberapa tahun silam yang angkanya mencapai 8 persen per tahun.

Baca juga: Ini Investasi yang Cocok untuk Milenial

Tingkat inflasi tersebut bisa dijadikan acuan bagi Anda yang sudah punya minat berinvestasi untuk memilih instrumen investasi yang paling menguntungkan.

Nah, selamat mulai berinvestasi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com