Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Terhindar dari Penipuan Berkedok Program Travel Online

Kompas.com - 20/07/2019, 10:13 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus penipuan dan penyalahgunaan data pribadi di Pontianak berhasil dibongkar oleh pihak kepolisan.

Lebih dari 100 warga menjadi korban kasus berkedok program poin Traveloka itu dengan iming-iming Rp 100.000 untuk warga yang mau memberikan data KTP-nya.

Data warga digunakan pelaku untuk untuk membuat akun di Traveloka dan mengajukan pembelian tiket pesawat serta hotel secara kredit.

Akibatnya para korban didatangi oleh pihak bank dan mendapatkan tagihan pinjaman bank. Padahal mereka tidak pernah meminjam uang ke bank.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono mengatakan, yiket-tiket pesawat dan hotel itu kemudian jual oleh pelaku kepada warga melalui Facebook dengan harga yang lebih murah.

Traveloka sudah menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengadakan program tersebut. Masyarakat pun diminta untuk lebih waspada dengan tawaran program yang mengatasnamakan Traveloka.

Agar kasus serupa tidak terjadi lagi, Senior Vice President of Payment Product Traveloka Stefani Herlie memberikan tips agar terhindar dari penipuan berkedok program poin travel online.

Baca juga: Data Pribadi Nasabah Juga Dijual Secara Online, Jumlahnya Jutaan...

Berikut tipsnya:

1. Jangan pernah memberikan identitas diri (KTP) Anda kepada orang tidak dikenal karena tergiur iming-iming hadiah atau imbalan uang. Data Anda dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. 

2.  Jangan pernah memberikan akun dan password Anda kepada orang tidak dikenal.

3. Jika tiba-tiba menerima SMS berisi one time password (OTP),  jangan memberikan OTP tersebut kepada siapa pun.

4. Jangan lupa melakukan sign out sehabis melakukan transaksi online terutama bila dilakukan menggunakan fasilitas desktop atau telepon genggam milik orang lain

5. Segera melakukan pemblokiran kartu kredit atau debit bila dirasakan ada transaksi yang mencurigakan.

Baca juga: Heboh Kasus Penyalagunaan Data Pribadi di Pontianak, Catat Imbauan OJK Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com