Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung 5 Bali Baru, Ini yang Dilakukan Airy

Kompas.com - 20/10/2019, 11:43 WIB
Nursita Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Perusahaan startup bidang accomodation network orchestrator (ANO) Airy menyiapkan hotel dengan memperbaiki hotel-hotel rekanan di lima lokasi yang ditetapkan pemerintah sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau Bali Baru.

Lima Bali Baru yang dimaksud yakni Danau Toba, Sumatera Utara; Borobudur, Magelang, Jawa Tengah; Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat; Bunaken, Sulawesi; dan Bangka Belitung.

"Kita support lima Bali Baru, Toba, Borobudur, Mandalika, Manado Bunaken, sama Bangka Belitung. Kita sudah punya hotel partner di situ," ujar Vice President Commercial Airy Viko Gara di Singapura, Kamis (17/10/2019).

Selain memperbaiki hotel rekanan, Airy juga melatih para pegawai hotel-hotel rekanan itu dalam program Airy Community Center. Program itu sudah dijalankan di Bangka Belitung dan Sumatera Utara.

Baca juga: Dukung Industri Halal Indonesia, Airy Syariah Promosi di Singapura

Pelatihan pegawai bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di hotel-hotel rekanan.

"Maintain quality itu selalu jadi hal yang paling challenging untuk kita. Itu salah satu alasan kenapa kita launch Airy Community Center," kata Viko.

Viko menuturkan, Airy harus melatih para pegawai di hotel rekanan karena para pegawai itu rata-rata lulusan SMA ke bawah dan tidak memiliki kemampuan untuk memberikan layanan bidang perhotelan.

"Kita harus bisa operate dengan orang-orang yang 70 persen SMA ke bawah dan non-hospitality, not even bisa dapat SMK perhotelan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com