Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basahnya Usaha Cuci Motor pada Musim Hujan

Kompas.com - 10/12/2019, 17:07 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan saat ini, banyak usaha yang langsung naik daun dan gampang menjaring fulus. Salah satunya yaitu bisnis cuci kendaraan bermotor, bisa mobil atau motor. Salah satu yang mendapat berkah hujan adalah Jet Moto Clean.

Jet Moto Clean sejatinya adalah usaha rumahan yang membuat sabun khusus untuk cuci mobil dan motor. Usaha yang sudah berjalan sejak 2015 itu berpusat di Malang, Jawa Timur. Makin lama usaha Jet Moto Clean semakin berkembang dan mempunyai beberapa gerai di kota tersebut.

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini Saat Bisnis Anda Gagal

Adapun mitra kerja dari Jet Moto Clean ini tak lain adalah para pebisnis cuci kendaraan bermotor. Jumlahnya saat ini sudah mencapai ratusan mitra yang memakai produk sabun cuci dari Jet Moto Clean.

Melihat potensi bisnis yang menjanjikan tersebut, Moh Dibyo, Chief Executive Jet Moto Clean, mulai berekspansi usaha di bisnis cuci kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor.

Label yang dipakai pun sama, yaitu Jet Moto Clean. Usaha ini mulai berjalan sejak Oktober 2019. Selain itu, Dibyo juga langsung menawarkan kemitraan usaha.

Adapun layanan yang ada di Jet Moto Clean, selain cuci motor, juga ada cuci helm. Kalau Anda tertarik, Jet Moto Clean menawarkan paket investasi seharga Rp 25 juta.

Baca juga: Bisnis Jamur Krispy, Bisa Balik Modal 3 Bulan

Dengan paket tersebut, mitra bakal mendapat ragam fasilitas, yaitu peralatan hidraulis, kompresor, selang spiral, tabung salju, mesin steam, kuas, semir, wadah dan bahan baku sabun awal senilai Rp 1 juta.

Fasilitas lainnya yaitu pelatihan manajemen usaha. Oh ya, paket investasi tersebut sudah termasuk biaya waralaba senilai Rp 5 juta yang dibayar sekali saja. Adapun lahan usaha dan interiornya menjadi tanggung jawab mitra. Jet Moto Clean menyarankan minimal luas usaha cuci motor 5 m x 5 m.

Setelah beroperasi, mitra diwajibkan membeli bahan baku secara rutin ke pihak pusat, yaitu sampo cuci motor dan cairan pelindung yang bisa membuat kinclong bodi motor.

Baca juga: Mengintip Peluang Bisnis di Balik Hobi Shopping

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com