Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sucofindo Ditunjuk Jadi Lembaga Pemeriksa Halal oleh Kemenag

Kompas.com - 21/02/2020, 17:01 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sucofindo (Persero) ditugaskan sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag).

Direktur Utama PT Sucofindo (Persero) Bachder Djohan Buddin mengatakan, penugasan ini menambah cakupan sektor layanan perusahaan yaitu sektor pemastian industri halal di Indonesia.

“Amanah akan kami jalankan secara profesional, penuh tanggung jawab, berintegritas, sehingga mampu menjadi bahan pertimbangan dalam keputusan sertifikasi halal yang dikelola oleh BPJPH setelah mendapat fatwa halal oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI),” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (21/2/2020).

Baca juga: AS Cabut RI dari Daftar Negara Berkembang, Ini Kata Pemerintah

Saat ini menurut Sucofindo, pemerintah sedang mengembangkan Industri halal salah sagtunya dengan mengubah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menjadi Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Perubahan ini membuat KNEKS kini membidangi ekonomi syariah secara menyeluruh hingga industri riil. Dasar hukumnya yakni Perpres Nomor 28 Tahun 2020.

Hal ini tak lepas dari potensi industri halal yang sangat besar. Potensi ini juga berarti peluang bagi jasa pemastian untuk ikut berkontribusi dalam mengembangkan dan menguatkannya.

“Kesempatan ini harus dioptimalkan oleh kami, agar menjadi salah satu sumber pendapatan perusahaan," kata Bachder.

Baca juga: Pemerintah Bakal Gratiskan Sertifikasi Halal buat UKM, Ini Kata MUI

Sucofindo juga sedang menyiapkan dan mengoptimalkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di seluruh unit layanan. Hal ini dinilai penting agar target melayani industri halal di setiap lokasi bisa terwujud.

Sementara itu Kepala BPJPH Kementerian Agama, Sukoso mengatakan, penugasan ini ditetapkan berdasarkan peninjauan tim ahli BPJPH terhadap kapasitas dan kapabilitas Sucofindo.

“Sucofindo telah kami verifikasi memiliki pengalaman panjang dalam pemastian industri halal, yaitu memiliki laboratorium khusus untuk Halal, serta jangkauan cabang dan laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia," kata dia.

Ia berharap dengan pengalaman lebih 63 tahun di bidang pengujian, inspeksi dan sertifikasi, Sucofindo mampu memberikan mekanisme yang lebih baik dan memperbaiki kinerja untuk kemajuan industri halal Indonesia.

Baca juga: Kelulusan SKD CPNS Bakal Diumumkan pada Pertengahan Maret

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com