Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Idul Fitri 2020, Jumlah Penumpang KRL Anjlok 90 Persen

Kompas.com - 25/05/2020, 07:30 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI melaporkan, pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 2020, Minggu (24/5/2020), terjadi penurunan jumlah penumpang KRL dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penurunan penumpang ini terjadi imbas dari pembatasan operasional KRL. Dimana pada hari pertama Idul Fitri, KCI hanya mengoperasikan KRL pada pagi hari pukul 05.00 - 08.00 WIB dan sore hari pukul 16.00 - 18.00 WIB.

"Pembatasan jam operasional ini merupakan upaya untuk mengurangi mobilitas masyarakat yang tidak perlu, sejalan dengan program pemerintah untuk #TidakMudik #TidakPiknik dan bersilaturahim secara daring," ujar VP Corporate Communications KCI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Senin (25/5/2020).

Baca juga: Catat, Jadwal Operasional KRL dan Transjakarta Selama 2 Hari Lebaran

Anne mencatat, sampai dengan pukul 18.00 WIB kemarin, jumlah penumpang KRL pada hari pertama Idul Fitri mencapai 53.310. Angka tersebut turun 90 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, sebesar 424.834 penumpang.

Selain itu, jika dibandingkan Sabtu (23/5/2020), penumpang KRL pada hari Lebaran turun 54 persen.

"Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, pada lebaran Ini KRL juga dominan diisi oleh Penumpang musiman yang pergi bersama atau rombongan dan tidak mau dipisahkan untuk pengaturan posisi duduk maupun berdiri," tutur Anne.

Lebih lanjut Anne melaporkan, situasi kondisi pada pagi hari dipastikan terjaga dan pengguna dengan tertib mematuhi berbagai protokol kesehatan termasuk upaya jaga jarak di dalam kereta dan stasiun.

"Pada pagi hari, dengan pembatasan operasi ini, PT KCI menjalankan 276 jadwal perjalanan KA," katanya.

Baca juga: Tak Ingin Kecolongan, Kemenhub Perketat Pengawasan Jalur Mudik

Kemudian, pada pembukaan perjalanan KRL sore hari, pengguna sudah mulai antre di luar area sejumlah stasiun antara lain Stasiun Angke, Karet, dan Tanah Abang sejak pukul 14.00 WIB.

Untuk mengurai antrean pengguna, KCI juga menjalankan dua rangkaian kereta tambahan yaitu KA 1786 relasi Angke - Bogor berangkat pukul 16.40 WIB dan KA 1790 relasi Manggarai - Bogor yang berangkat pukul 17.39 WIB.

"Dalam menyelenggarakan layanan terbatas selama lebaran di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, PT KCI kembali menghimbau para pengguna bahwa KRL hanya untuk melayani kebutuhan mendesak terutama mereka yang masih harus bekerja di saat lebaran in," ucap Anne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com