Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekayaan Jeff Bezos Tembus Rekor Tertinggi Sepanjang Masa, Ada Apa?

Kompas.com - 09/07/2020, 11:08 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Forbes

NEW YORK, KOMPAS.com - Kekayaan pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos bertambah meski dunia tengah dilanda pelemahan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Kekayaan bersih Bezos kembali naik mencapai angka tertinggi sepanjang masa.

Melansir Forbes, Kamis (9/7/2020), saham Amazon mencapai rekor tertinggi sepanjang masa pada penutupan perdagangan Rabu (8/7/2020) waktu setempat. 

Baca juga: Hartanya Terus Meningkat di Tengah Pandemi, Ini Sumber Kekayaan Jeff Bezos

Melonjaknya harga saham Amazon mendorong kapitalisasi pasar raksasa e-commerce itu ke level tertinggi yakni 1,54 triliun dollar AS atau sekitar Rp 22.176 triliun (kurs Rp 14.400 per dollar AS). 

Hal itu membuat Bezos yang punya 11,1 persen saham Amazon, memiliki kekayaan bersih mencapai 182,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.629,4 triliun. Nilai tertinggi sepanjang masa dalam sejarah Forbes merilis data kekayaan miliarder selama hampir empat dekade.

Saham Amazon sempat turun 15 persen lebih dari dua pekan pada awal Maret 2020, ketika virus corona mulai merebak di Amerika Serikat yang membuat anjlok pasar saham.

Namun sejak itu, saham Amazon bangkit, meroket lebih dari 80 persen dari titik terendah pada 12 Maret 2020 lalu, didorong tren konsumen yang berbondong-bondong belanja online lewat e-commerce raksasa ini ketimbang ke toko langsung, akibat dari kebijakan penutupan wilayah dan jaga jarak.

Baca juga: Kekayaan Jeff Bezos Melonjak Lagi, Tembus Rp 2.526 Triliun

Bezos pertama kali mendapat gelar orang paling kaya di dunia pada Juli 2017. Sayangnya, gelar itu hanya berlangsung beberapa jam, setelah Amazon melaporkan kinerja keuangan yang buruk pada kuartal pertama tahun 2017.

Namun pada Oktober 2017, Bezos kembali naik ke posisi puncak dalam daftar orang terkaya di dunia, menggeser posisi pendiri Microsoft, Bill Gates.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com