Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lonjakan Angka Kasus Covid-19 IHSG Kembali Tertekan Pekan Depan

Kompas.com - 12/07/2020, 15:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di pasar perdagangan bursa pekan depan diperkirakan masih terus tertekan.

Analis dari Anugerah Mega Investama Hans Kwee memproyeksikan faktornya tak lain, masih tingginya jumlah masyarakat yang didiagnosis positif terkena virus corona (Covid-19).

"Beberapa sentimen yang mungkin mempengaruhi pergerakan IHSG pada pekan depan adalah peningkatan kasus Covid-19 di pekan ini dan perkiraan akan berlanjut di pekan depan menjadi sentimen negatif pasar saham," katanya melalui keterangan tertulis, Minggu (12/7/2020).

Baca juga: Akhiri Pekan, IHSG dan Rupiah Ditutup Melemah

Menurutnya, adanya peluang penyebaran virus Covid-19 lewat udara seperti yang disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bakal menjadi sentimen negatif pasar. Sementara, perkembangan obat remdesivir yaitu obat antivirus Gilead Sciences akan menjadi sentimen positif di pasar bursa.

"Perkembangan vaksin Covid-19 salah satunya dari Moderna yang akan memasuki fase 3 menjadi sentimen positif bagi pasar. Tetapi vaksin harus melewati 4 fase sebelum diproduksi massal," katanya.

Selain itu, yang membuat pergerakan saham bakal tertekan, menurut analisisnya adalah perintah Mahkamah Agung untuk membuka catatan keuangan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Lantaran bakal membuat peluang Trump terpilih kembali menjadi lebih sulit karena berpotensi mengungkap sesuatu yang buruk.

Sementara itu, lanjut Hans Kwee, di bulan Juli ini, pelaku pasar sedang menantikan data laba korporasi untuk kuartal II 2020.

"Laporan laba bila lebih baik dari harapan pelaku pasar akan mendorong pergerakan yang positif, tetapi bila terjadi sebaliknya akan cenderung mendorong pasar saham terkoreksi," ujarnya.

Dari keseluruhan analisis tersebut diperkirakan, IHSG berpeluang konsolidasi menguat dengan support di level 4.985-4885 dan resistance di level 5.111-5.150.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com