Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jubir Luhut Klaim Penambahan Kasus dan Kematian akibat Covid-19 Turun

Kompas.com - 29/09/2020, 17:33 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penambahan jumlah kasus dan angka kematian akibat Covid-19  diklaim menurun setelah Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengkoordinasikan penanganan virus corona di 8 provinsi.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Menko Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi melalui keterangan tertulis, Selasa (29/9/2020).

“Kalau dilihat dari indikator di delapan provinsi secara mingguan, terjadi penurunan penambahan kasus konfirmasi dan angka kematian, kecuali Jawa Barat," ujar Jodi.

Dua pekan lalu, Luhut Binsar Pandjaitan memang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk mengkoordinasikan penanganan Covid-19 di 8 provinsi.

Baca juga: Luhut: Kami Sedang Benahi Manajemen Perawatan Pasien Covid-19

Provinsi tersebut meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Terkait dengan kasus Covid-19 di Jawa Barat kata Jodi, rata-rata wilayah Bogor, Bekasi dan Depok berkontribusi terhadap lebih dari 60 persen total peningkatan kasus Covid-19 dalam 2 minggu terakhir.

Oleh karena itu ungkapnya, penanganan kasus di Jabodetabek akan dilakukan secara terintegrasi.

Luhut ucap Jodi, mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan oleh seluruh gubernur di 8 provinsi, jajaran Polda, Kodam, Kemenkes, Satgas Covid-19 serta tim lain yang terlibat.

Baca juga: Sah, Mulai Tahun Depan Tarif Materai Jadi Rp 10.000

“Tapi Pak Menko minta agar pemerintah pusat dan daerah tidak lengah dan tetap terus fokus pada upaya penurunan penambahan kasus harian, peningkatan angka kesembuhan dan penurunan angka kematian sesuai perintah Presiden," ujarnya.

Jodi mengatakan pemerintah akan terus memastikan ketersediaan obat serta alat kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19.

Selain itu pemerintah juga terus mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

"Kami akan terus bekerja untuk memastikan ketersediaan obat dan alat kesehatan untuk perawatan pasien Covid-19, mendorong peningkatan testing dan tracing yang lebih tepat sasaran, serta kampanye perubahan perilaku sesuai protokol kesehatan,” ucap dia.

Baca juga: Dahlan Iskan: Pembentukan Superholding Belum Mendesak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com