Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bitcoin dkk Masih Merah, Cek Harga Kripto Hari Ini

Kompas.com - 29/06/2022, 07:10 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Pasar aset kripto masih tampak berkabut pada pagi ini, Rabu (29/6/2022). Melansir Coinmarketcap pagi ini 9 dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir.

Nilai mata uang kripto paling redup adalah, Dogecoin atau DOGE yang ambles 9,4 persen menjadi 0,06 dollar AS. Dilanjutkan oleh Solana (SOL) yang tergelincir 8,7 persen pada posisi 35,4 dollar AS, dan Polkadot atau DOT yang jatuh 6,2 persen pada level 7,3 dollar AS.

XRP juga terjun 4,4 persen pada posisi 0,33 dollar AS. Diikuti oleh Ethereum (ETH) yang terkoreksi turun 4,4 persen menjadi 1.149 dollar AS, dan Cardano atau ADA yang melemah 3,7 persen pada level 0,47 dollar AS.

Baca juga: Bitcoin, Dogecoin, dan Ethereum Merah, Cek Harga Kripto Hari Ini

Penurunan dilanjutkan oleh, Binance Exchange atau BNB sebesar 3,07 persen pada posisi 227,74 dollar AS. Aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, Bitcoin atau BTC juga turun 2,6 persen pada level 20.295 dollar AS.

Pagi ini Tether (USDT) turun 0,03 persen pada posisi 0,9 dollar AS, berbeda dengan USD Coin (USDC) yang naik 0,02 persen menjadi 1 dollar AS.

Sebagai informasi, USDT dan USDC merupakan mata uang kripto golongan stable coin atau jenis mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS.

Baca juga: Mau Investasi di Kripto? Ingat Harus Punya Dana Cadangan Dulu!

Pelemahan pasar kripto dalam 3 hari berturut-turut

Pasar kripto saat ini tengah mengalami penurunan kapitalisasi pasar sebesar 3,1 persen menjadi 910,75 miliar dollar AS dalam 24 jam terakhir.

Berbeda dengan volume aset kripto yang naik 3,2 persen menjadi 56,8 miliar dollar AS, dan stablecoin berada di 50,9 miliar dollar AS, atau 89,55 persen dari keseluruhan volume kripto.

Mengutip Coindesk, pelemahan Bitcoin sudah memasuki hari ketiga berturut-turut, turun kembali ke posisi 20.000 dollar AS, dan diperdagangkan sejalan dengan saham AS. Sejauh ini, industri kripto terus mengatasi dampak dari aksi jugal baru-baru ini yang terjadi di pasar aset digital.

"Selama dua minggu terakhir, kami telah melihat pasar bearish yang ditopang oleh sentimen – sentimen negatif yang ada," kata Walter Teng, analis aset digital dari FundStrat.

Baca juga: Terus Tumbuh, Jumlah Investor Kripto di Indonesia Capai 14 Juta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com