Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Infrastruktur 2023 Naik Jadi Rp 392 triliun

Kompas.com - 16/08/2022, 18:09 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, pembangunan infrastruktur dianggarkan sebesar Rp 392 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023.

Alokasi anggaran infrastruktur itu naik sekitar 7,75 persen dari anggaran tahun ini yang sebesar Rp 363,8 triliun.

Menurut Jokowi, anggaran infrastruktur akan diarahkan untuk mendukung penguatan penyediaan pelayanan dasar. Selain itu, untuk mendukung peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas.

"Lalu diarahkan untuk menyediakan infrastruktur energi dan pangan yang terjangkau, andal dan memperhatikan aspek lingkungan, serta pemerataan infrastruktur dan akses TIK," ujarnya saat menyampaikan Pidato RAPBN 2023 Beserta Nota Keuangannya di Kompleks DPR-MPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Defisit APBN 2023 Hanya 2,85 Persen, Jokowi Janji Kelola Utang secara Hati-hati

Lebih lanjut, untuk mendukung target percepatan pembangunan infrastruktur, strategi memadukan anggaran dengan bauran skema pendanaan akan dilakukan melalui sinergi sisi pembiayaan investasi dan belanja kementerian/lembaga, serta meningkatkan peran swasta.

Nantinya, skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) akan menjadi model pembiayaan yang terus ditawarkan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur.

Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu modal penting dalam menghadapi ketidakpastian global. Pemerintah dalam delapan tahun terakhir terus melakukan pembangunan infrastruktur untuk menciptakan ekosistem pembangunan yang lebih kondusif.

"Pembangunan infrastruktur yang masif, perbaikan kualitas sumber daya manusia, serta penyederhanaan aturan berusaha dan berinvestasi merupakan upaya-upaya kunci untuk memperkuat fondasi perekonomian nasional menghadapi tantangan masa depan," ungkapnya.

Baca juga: Subsidi Pertalite, Solar, Elpiji Lebih dari Rp 502 Triliun, Ketua MPR RI: Tidak Ada Negara yang Berikan Sebesar Itu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com