Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASDP Tingkatkan Kapasitas Dermaga dan Armada Antisipasi Lonjakan Penumpang Selama Nataru

Kompas.com - 06/12/2022, 19:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, pihaknya memperluas akses parkir, meningkatkan kapasitas dermaga, dan armada kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur natal dan tahun baru (Nataru) 2022-2023.

Shelvy mengatakan, pihaknya meningkatkan kapasitas dermaga IV Bakauheni yang awalnya 40 ton menjadi 60 ton atau kapasitas dermaga yang tadinya melayani kapal 5000 GRT ditingkatkan untuk melayani kapal berukuran 10.000 GRT.

"Kami juga melakukan perluasan akses masuk di pintu eksekutif Merak, dan perbaikan akses menuju Dermaga VII Merak. Harapan kami, pengguna jasa dapat menikmati experience perjalanan dan layanan kapal ferry yang lancar, aman dan nyaman saat Angkutan Nataru mendatang," kata Shelvy dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Jelang Libur Nataru, Tiket KAI dari Jakarta Baru Terjual 127.092

Shelvy memastikan kapasitas angkut dan alat produksi memadai selama periode 17 Desember 2022 sampai 4 Januari 2023 mendatang.

Ia mengatakan, total ada 10 lintasan nasional di 12 cabang selama periode libur Nataru ini. Sepuluh lintasan tersebut di antaranya yaitu, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Hunimua-Waipirit, Tanjung Kelian-Tanjung Api-api, Bitung-Ternate, Bajoe-Kolaka, Kupang-Rote, dan Ajibata-Ambarita.

"Untuk Ketapang-Gilimanuk, ASDP telah menyiapkan beberapa strategi untuk mengatasi terjadinya antrian. Mulai dari opsi pengoperasian KMP Jatra 2 untuk lintas LDF Ketapang-Lembar, perluasan area parkir di Gilimanuk, dan juga skenario pengalihan jalur di Ketapang jika volume kendaraan mengalami peningkatan," ujarnya.

Baca juga: Dorong Wistawan Nusantara, Kemenparekraf Luncurkan 100 Paket Wisata Jelang Libur Nataru

Selain itu, Shelvy mengatakan, pada 10 lintasan di 12 cabang dengan rincian dermaga siap operasi sebanyak 55 unit dan kapal siap operasi sebanyak 61 unit kapal termasuk kapal Jembatan Nusantara.

Ia juga memprediksi, layanan angkutan penyeberangan periode Nataru akan mengalami peningkatan seiring dengan pergerakan masyarakat berangsur kembali normal.

"Diperkirakan, pada layanan Nataru di 10 lintasan pada 12 Cabang terpantau nasional, ASDP akan melayani sekitar 3,45 juta orang dan 808 ribu unit kendaraan," tuturnya.

Lebih lanjut, Shelvy mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait mulai dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan, Syahbandar, operator kapal swasta untuk memastikan kelancaran penyeberangan.

"Pada pola operasi padat, akan dilakukan penambahan jumlah trip dan pada pola operasi sangat padat, maka akan dilakukan percepatan layanan bongkar muat kapal (port time)," ucap dia.

Baca juga: Tiket Kereta Api Periode Nataru dari Jakarta Masih Tersedia, Cek di Sini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com