Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Otorita Curhat Sisa 559 Hari Kejar Target Keinginan Jokowi Gelar Upacara 17 Agustus di IKN

Kompas.com - 06/02/2023, 20:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Bambang Susantono mengungkapkan bahwa seluruh pihak yang terlibat dalam proyek IKN terus mengebut pembangunannya.

Lantaran, ingin memastikan wacana upacara peringatan 17 Agustus atau HUT ke-79 Kemerdekaan RI dapat terlaksana di IKN, Kalimantan Timur, pada tahun 2024. Apalagi upacara itu juga menjadi keinginan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Teman-teman di IKN tentunya sudah menghitung hari. Hari ini adalah 559 hari Pak Ketua (Komisi XI DPR), hingga 17 Agustus 2024. Setiap satu hari, harinya berkurang buat kami dan tidak ada tanggal merah ini buat-buat teman-teman yang di sini (Badan Otorita IKN)," ucapnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI, Senin (6/2/2023).

Baca juga: Kepala Otorita: dari 142 Investor, 90 Persen Serius Investasi Proyek IKN

"Sehingga tahun depan apa yang diinginkan oleh presiden kita semua akan berupacara di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024 agar bisa terlaksana dengan baik," lanjut Bambang.

Hal itu pun termasuk dalam mematuhi Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Oleh sebab itu, Badan Otorita IKN memohon dukungan terhadap DPR RI agar pembangunan Ibu Kota Negara yang baru ini dapat selesai sesuai target.

"Untuk melaksanakan amanah Undang-Undang No. 3 Tahun 2002 yang amanah dari undang-undang yang bapak/ibu (Komisi XI DPR) punyai ini. Jadi itu semua tentunya kami mohon doa, juga dukungan agar tahun ini benar-benar kami bisa menjalankan secara optimal program-program persiapan itu," ungkap Bambang.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah ingin agar pada saat 17 Agustus 2024 mendatang peringatan HUT ke-79 RI dilaksanakan di halaman Istana Kepresidenan yang berada di IKN.

"Yang jelas di bulan Agustus 2024, kita ingin IKN telah menjadi kota modern yang hidup. Dan kita Upacara HUT kemerdekaan Indonesia ke-79 itu di halaman istana (kepresidenan) IKN," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada acara jajak pasar IKN yang digelar di Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022).

Baca juga: Space X Tertarik Investasi di IKN, Bahlil Janjikan Proses Cepat

Jokowi mengatakan, dirinya yakin peringatan HUT ke-79 RI di IKN bisa terlaksana jika semua pihak saling mendukung upaya pembangunan ibu kota baru tersebut.

Kemudian, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa pada Sabtu (21/1/2023), meninjau langsung pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Terdapat sejumlah titik yang dia tinjau tahapan pembangunannya terutama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Suharso bilang, terdapat 8 titik pembangunan di KIPP yang sedang difokuskan untuk dibangun.

Pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara kata Suharso, telah dimulai November 2022 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024, dengan kontraktor PT Wijaya Karya (Wika).

Baca juga: Diberi Gaji Rp 172 Juta Lebih Per Bulan, Kepala Otorita IKN: Saya No Comment

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com